DESAIN USULAN PROSES BISNIS PENDISTRIBUSIAN BARANG PESANAN PELANGGAN PADA PT.INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA (INTI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT

HELMI ABDILLAH YOGASWARA

Informasi Dasar

112060131
380
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Lingkungan bisnis yang terbentuk saat ini telah mengalami perubahan dan perkembangan yang menyebabkan perusahaan-perusahaan sekarang ini menghadapi kompetisi yang sangat ketat. Salah satu cara perusahaan untuk menghadapi persaingan adalah dengan memfokuskan diri pada aktivitas bisnis inti dan melakukan outsourcing aktivitas bisnis non inti pada rantai suplai. Salah satu tahapan dari jaringan supply chain adalah Distribution Stage. Tahapan ini sangatlah penting karena tahapan distribusi ini berkaitan langsung dengan pelanggan, yang kemudian akan mempengaruhi kepuasan pelanggan dan kemudian berpengaruh pada tingkat profitabilitas perusahaan. Sehingga apabila perusahaan dapat mengefesiensikan dan mengefektifkan tahapan ini tentu akan didapat banyak keuntungan, baik dari segi pelanggan (kepuasan) maupun perusahaan (minimasi biaya).

Sub divisi Perencanaan dan Pengendalian Material yang berada di divisi Manajemen Proyek adalah sebuah sub divisi pada PT.INTI yang menangani masalah pendistribusian barang yang dipesan oleh pelanggan. Proses yang ada saat ini masih membutuhkan waktu proses yang cukup lama. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk proses pendistribusian ini mencapai 2 hari, bahkan bisa sampai 2 bulan. Pihak manajemen beranggapan bahwa waktu tersebut terlalu lama, terlalu birokratif dan membengkakkan waktu siklus.

Dalam Tugas Akhir ini akan dilakukan analisis dan perbaikan pada proses bisnis pendistribusian barang yang dipesan oleh pelanggan (vendor) di PT.INTI dengan metode Business Process Improvement (BPI). Hasil dari analisis tersebut akan digunakan untuk mendesain usulan proses bisnis pendistribusian pesanan pelanggan pada PT. INTI.

Proses bisnis eksisting akan diidentifikasi dan dianalisa untuk mengetahui kekurangannya. Hasil dari pengumpulan data yang berupa proses bisnis eksisting dan waktu siklus tersebut akan dianalisis dengan metoda BPI dan disimulasikan dengan menggunakan Aris Toolset 7.0. Hasil dari pengolahan data akan digunakan sebagai acuan dalam mendesain proses bisnis usulan pendistribusian barang pesanan pelanggan pada PT.INTI.

Desain usulan proses bisnis pendistribusian barang pesanan pelanggan pada PT.INTI memiliki rata-rata waktu siklus dan juga nilai efisiensi yang lebih baik dari proses bisnis eksisting. Hasil simulasi proses bisnis usulan pendistribusian barang pesanan pelanggan pada PT.INTI juga menunjukkan hasil yang lebih baik dimana seluruh proses berhasil diselesaikan. Penelitian lebih lanjut dapat dikembangkan dengan melakukan analisa kelayakan proses bisnis usulan, pengembangan pada sistem informasi yang ada dan optimasi jumlah karyawan yang tepat serta analisis biaya berdasarkan aktivitas yang dapat meningkatkan efektifitas proses. Distribusi, Business Process Improvement, Proses Bisnis.

Subjek

BUSINESS PROCESS MANAGEMENT
 

Katalog

DESAIN USULAN PROSES BISNIS PENDISTRIBUSIAN BARANG PESANAN PELANGGAN PADA PT.INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA (INTI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HELMI ABDILLAH YOGASWARA
Perorangan
Prof. DR. Anang Zaini Gani; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini