PENGUKURAN BEBAN KERJA MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX DAN PERHITUNGAN JUMLAH KEBUTUHAN STAFF PADA BAGIAN DI PT PLN (PERSERO) APJ MAJALAYA DENGAN METODE ANALISIS BEBAN KERJA

Rr. Dida Kurnia Pramesti

Informasi Dasar

112060118
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam sebuah perusahaan performansi kerja individu merupakan cermin performansi kerja perusahaan, sehingga semakin baik performansi kerja individu dalam perusahaan, semakin baik pula performansi kerja perusahaan. Peningkatan ekspektasi performansi perusahaan memicu peningkatan performansi kerja individu sehingga dapat menimbulkan stress bagi staff itu sendiri. Untuk mencegah timbulnya stress karena pekerjaan, maka keseimbangan beban kerja menjadi penting karena bertujuan agar distribusi beban pekerjaan pada tiap orang merata.

Dengan menggunaan Metode NASA-TLX kita dapat menghitung beban kerja yang dialami oleh setiap staff sehingga kita dapat mengetahui beban kerja setiap bagian secara keseluruhan. Dalam implementasinya Metode NASA-TLX menggunakan kuesioner sebagai media pengumpulan datanya. Dari perhitungan didapat data bahwa setiap staff memiliki perbedaan beban kerja yang dialami setiap harinya. Perbedaan beban kerja perhari disebabkan perbedaan kondisi kerja yang dialami oleh setiap staffnya sehari-hari. Untuk mengurangi beban kerja yang dialami staff pada bagian yang mengalami kelebihan beban kerja dilakukan pendistribusian beban kerja berupa penambahan personil pada bagian yang mengalami kelebihan beban kerja. Dengan menggunakan metode Analisis Beban Kerja maka dapat diketahui perhitungan jumlah staff ideal untuk masing-masing bagian.

Dari hasil penelitian yang dilakukan di PT PLN (Persero) APJ Majalaya, pada perhitungan beban kerja didapatkan bahwa beban kerja staff yang paling besar dialami oleh staff Siti dan beban kerja terendah oleh staff Syaeful. Sedangkan untuk beban kerja per Bagian, beban kerja yang paling berat dialami oleh Bagian Teknologi Informasi dan terendah oleh Bagian Distribusi. Dari hasil perhitungan kebutuhan staff diperlukan penambahan jumlah staff pada beberapa Bagian yang memiliki beban kerja tinggi dengan jumlah staff yang hanya seorang yaitu pada Bagian Perencanaan Sisten dan Konstruksi, Bagian Pengendalian Anggaran dan Keuangan serta Bagian Sumber daya Manusia. Penambahan jumlah staff dilakukan dengan cara rekruitasi staff baru sebanyak 3 orang, yaitu 1 orang untuk Bagian Perencanaan Sistem dan Keuangan, 1 orang untuk Bagian Pengendalian Anggaran dan Keuangan serta 1 orang untuk Bagian SDM. Sehingga jumlah staff yang semula 12 orang bertambah menjadi 15 orang.

Beban Kerja, Analisis Beban Kerja, Jumlah Staff Ideal

Subjek

Human resources
 

Katalog

PENGUKURAN BEBAN KERJA MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX DAN PERHITUNGAN JUMLAH KEBUTUHAN STAFF PADA BAGIAN DI PT PLN (PERSERO) APJ MAJALAYA DENGAN METODE ANALISIS BEBAN KERJA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rr. Dida Kurnia Pramesti
Perorangan
Agus Achmad Suhendra, Ir. M.T; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini