Perancangan Pola Karir Berbasis Kompetensi di PT Telekomindo Primakarya

Tantri Sarasaty

Informasi Dasar

112060113
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Telekomindo Primakarya merupakan salah satu perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam jasa pembangunan konstruksi telekomunikasi di Indonesia. PT Telekomindo Primakarya telah berdiri sejak tahun 1996 dengan kegiatan usaha yang mencakup pembangunan gedung sentral telekomunikasi, jaringan telekomunikasi kabel optik maupun tembaga dan pembangunan BTS (Base Tranceiver Station).

Berdasarkan hasil survei kepuasan karyawan terhadap pola karir yang berlaku di PT Telekomindo Primakarya dengan menggunakan metode ESI (Employee Satisfaction Index), diketahui bahwa variabel “Kesesuaian penempatan karyawan pada suatu jabatan dengan job requirement (persyaratan jabatan) dan kompetensi yang dimilikinya”, memiliki nilai ESI terendah yaitu 64,063% dan juga memiliki nilai gap antara tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan terbesar yaitu 0,813. Hasil survei tersebut sesuai dengan permasalahan yang ada di PT Telekomindo Primakarya yaitu tidak jelasnya persyaratan kompetensi yang harus dimiliki tiap jabatan, ketidaksesuaian dalam penempatan karyawan, kecilnya peluang karyawan untuk mendapat promosi jabatan, yang berakibat pada timbulnya ketidakpuasan karyawan. Oleh karena itu, dalam usaha untuk meningkatkan kepuasan karyawan, dirancang suatu pola karir berbasis kompetensi yang dapat menjawab permasalahan di PT Telekomindo Primakarya.

Perancangan pola karir berbasis kompetensi diawali dengan melakukan diskusi dengan Manajer Dukungan Manajemen untuk menentukan kompetensi inti perusahaan berdasarkan visi, misi, nilai-nilai dan strategi perusahaan yang disesuaikan dengan model kompetensi Spencer & Spencer (1993). Langkah berikutnya ialah menentukan kompetensi bidang yang terdiri dari dua jenis kompetensi, yaitu Technical Competency dan Behavioural Competency. Kompetensi bidang ditentukan untuk setiap jabatan di PT Telekomindo Primakarya dengan menggunakan kuisioner kebutuhan kompetensi. Setelah itu, dilakukan penentuan tingkat minimum kompetensi inti berdasarkan hasil kuesioner yang pengisiannya memperhatikan job description dan job specification setiap jabatan. Langkah terakhir yaitu merancang pola karir berbasis kompetensi di PT Telekomindo Primakarya dengan memperhatikan tingkat minimum kompetensi inti dan kompetensi bidang setiap jabatan serta aturan pergerakan karir yang berlaku di perusahaan.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi inti untuk seluruh jabatan di PT Telekomindo Primakarya terdiri dari 10 kompetensi, yaitu Achievement Orientation (ACH), Concern for Order, Quality and Accuracy (CO), Information Seeking (INF), Customer Service Orientation (CSO), Relationship Building (RB), Teamwork and Cooperation (TW), Organizational Commitment (OC), Technical/Professional/Managerial Expertise (EXP), Flexibility (FLX), dan Self Confident (SCF). Sedangkan, kompetensi bidang untuk setiap jabatan berbeda-beda sesuai dengan job description dan job specification. Selain itu, pola karir berbasis kompetensi dirancang berdasarkan nilai total tingkat minimum kompetensi inti dan aturan pergerakan karir. Pola Karir, Kompetensi

Subjek

CAREER DEVELOPMENT
 

Katalog

Perancangan Pola Karir Berbasis Kompetensi di PT Telekomindo Primakarya
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Tantri Sarasaty
Perorangan
Marina Yustiana Lubis, Ir., MSi; Warih Puspitasari, S. Psi., M. Psi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini