PERENCANAAN PEMILIHAN BILLBOARD IKLAN PERBANKAN DI KOTA BANDUNG BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

ARSYAD AMIEN

Informasi Dasar

112060112
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebagai kawasan tujuan wisata, Kota Bandung mulai dijamuri oleh billboardbillboard karena keramaiannya saat akhir pekan. Namun potensi pasar yang besar tersebut tidak diimbangi dengan penataan billboard yang sesuai dengan kondisi sekelilingnya (Kompas,” Bandung menjadi lautan Billboard”, 2004). Besarnya minat perusahaan untuk mendapatkan billboard akan menjadi suatu tantangan tersendiri bagi perusahaan karena memunculkan suatu kompetisi antar perusahaan untuk mendapatkan billboard yang paling strategis.

Perbankan merupakan perusahaan yang menaruh minat cukup besar dalam penggunaan billboard di Kota Bandung, yaitu 18%. Produk perbankan memiliki korelasi yang kuat secara kognitif terhadap kriteria demografis penduduk (Branca,2008). Dari permasalahan di atas maka perlu dibuat suatu Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dapat memberikan usulan pemilihan billboard yang strategis agar promosi optimal sesuai dengan produk yang akan dipromosikan di Kota Bandung.

SIG pemilihan billboard ini akan memperhitungkan beberapa faktor untuk melakukan pemilihan billboard di Kota Bandung. Faktor yang akan diperhitungkan yaitu, faktor demografis, faktor kepadatan lalu lintas, faktor fasilitas umum, faktor biaya dan faktor ukuran billboard. Untuk melakukan pemilihan billboard dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas akan dihitung menggunakan metode matrik keputusan.

Dalam sistem ini terdapat proses-proses sebagai berikut : (1) proses persiapan data (2) prosses pemilhan produk (3) proses pembobotan (4) proses perhitungan (5) proses visualisasi peta tematik. Untuk mendapatkan keputusan yang akurat dimana wilayah potensial untuk pendirian billboard , maka diperlukan data demografis dan jalan yang valid. Oleh karena itu sistem ini sangat tergantung pada data yang dimiliki oleh pengelola sistem. Sistem Informasi Geografis, Billboard, Metode Matrik Keputusan

Subjek

ADVERTISING MANAGEMENT
 

Katalog

PERENCANAAN PEMILIHAN BILLBOARD IKLAN PERBANKAN DI KOTA BANDUNG BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARSYAD AMIEN
Perorangan
Budi Sulistyo, Ir.,MT.; Amelia Kurniawati, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini