PENENTUAN JUMLAH MONTIR UD MERDEKA MOTOR DENGAN MENGUNAKAN MODEL KEPUTUSAN TEORI ANTRIAN

Yan harry M manik

Informasi Dasar

112060110
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

UD Merdeka motor adalah salah satu bengkel AHASS Honda yang terbesar di bandung, salah satu permasalahan yang terjadi adalah diwaktu tertentu pelanggan tidak ada yang datang, yang mengakibatkan para montir menganggur, persentase utilization montir sangat rendah sekitar 60%. Hal ini dapat merugikan UD merdeka motor karena membayar gaji mekanik dalam keadaan tidak bekerja, untuk mengatasi permasalan tersebut, sehingga diperlukan suatu rancangan penentuan jumlah mekanik yang optimal yang dapat melayani keseluruhan pelanggan.
Dirancang usulan perbaikan jumlah montir yang optimal dengan menggunakan model keputusan teori antrian. Data yang dibutuhkan adalah data antar kedatangan pelanggan dan lamanya waktu pelayanan, yang kemudian akan diuji bentuk distribusi dari data tersebut. Untuk menguji setiap skenario jumlah montir, maka dilakukan simulasi dengan menggunakan Promodel. Dari setiap skenario akan diperlihatkan berapa biaya ongkos operasional yang dikeluarkan, dan berapa pendapatan yang diperoleh. Sehingga dari bebarapa skenario tersebut dipilih suatu skenario jumlah mekanik yang memberikan keuntungan lebih banyak kepada pihak perusahaan.
Penelitian ini memperlihatkan bahwa jumlah mekanik yang optimal adalah 6 montir, berkurang 1 montir dari keadaan eksisting. Model keputusan teori antrian, Uji Distribusi Data, Promodel, Model

Subjek

Human resources
 

Katalog

PENENTUAN JUMLAH MONTIR UD MERDEKA MOTOR DENGAN MENGUNAKAN MODEL KEPUTUSAN TEORI ANTRIAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yan harry M manik
Perorangan
Dr. Dida Diah Damayanti;
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini