PERBAIKAN PROSES BISNIS DENGAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI) DAN KELAYAKAN EKONOMIS PROSES BISNIS DENGAN BENEFIT COST RATIO (BCR) PADA CV. ALONA JAYA

Sari Dwi Puspita

Informasi Dasar

112060093
330
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV Alona Jaya adalah perusahaan swasta yang berkecimpung dalam usaha ekspor kulit reptil samakan dan barang jadi dari kulit reptil yang tidak dilindungi undangundang. Hasil dari proses penyamakan adalah kulit reptil samakan yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu warna asli dan buang warna. Proses penyamakan kulit buang warna menghasilkan kulit reptil samakan yang terbuang corak batiknya. Proses penyamakan warna asli menghasilkan kulit reptil samakan dengan mempertahankan corak batik asli dari reptil tersebut.

Dalam menghadapi ketatnya persaingan ekspor kulit reptil samakan, perusahaan harus memperhatikan kualitas kulit, waktu pengiriman, serta biaya yang dikeluarkan. keluhan pelanggan akan lamanya barang sampai serta tingginya biaya operasional, mendorong perusahaan untuk memperbaiki proses penyamakan kulit ular warna asli. Perbaikan proses penyamakan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode Business Process Improvement karena metode ini dapat membantu perusahaan dalam melaksanakan perbaikan yang berkelanjutan. Pada perbaikan ini dilakukan analisis aktivitas, analisis streamlining, analisis efisiensi, dan analisis perbaikan proses terhadap proses penyamakan kulit ular warna asli. Selain melakukan perbaikan, perusahaan juga berusaha melakukan perhitungan terhadap kelayakan ekonomis biaya operasional. Kelayakan ekonomis biaya operasional tersebut dilakukan dengan Benefit Cost Ratio. Benefit Cost Ratio dipilih karena dapat memperlihatkan perbandingan benefit yang diterima dengan cost yang dikeluarkan.

Nilai efisiensi yang diperoleh dari proses penyamakan kulit ular warna asli usulan adalah sebesar 99.88%, nilai tersebut meningkat sebanyak 3.06% dari sebelumnya. Dengan perhitungan kelayakan ekonomis yang telah dilakukan, diperolah nilai NPV (Rp 586,439,260,-), nilai IRR (76%), dan nilai BCR (1.14) dari proses penyamakan kulit ular warna asli usulan lebih besar daripada nilai NPV (Rp 504,807,258,-), nilai IRR (65%), dan nilai BCR (1.13) proses penyamakan kulit ular warna asli eksisting. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa proses penyamakan kulit ular warna asli usulan lebih baik dibanding proses penyamakan kulit ular warna asli eksisting. Proses penyamakan kulit ular warna asli usulan memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam melakukan pengontrolan terhadap kualitas kulit. Diharapkan dengan diberlakukannya proses penyamakan kulit ular warna asli usulan, perusahaan dapat meningkatkan keuntungan perusahaan serta kualitas kulit yang dihasilkan. Business Process Improvement, Benefit Cost Ratio, Waktu Siklus,Kelayakan Ekonomis.

Subjek

BUSINESS-PROCESS
 

Katalog

PERBAIKAN PROSES BISNIS DENGAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI) DAN KELAYAKAN EKONOMIS PROSES BISNIS DENGAN BENEFIT COST RATIO (BCR) PADA CV. ALONA JAYA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sari Dwi Puspita
Perorangan
Sri Widaningrum, Ir., MT; Mumu Natapriatna, Ir., MBA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini