KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI IT TELKOM SELAMA PROSES PENYUSUNAN TUGAS AKHIR

Mariana

Informasi Dasar

112060092
300.285
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fakultas Rekayasa Industri (FRI) adalah salah satu fakultas IT Telkom yang bertujuan untuk menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan keahlian industri secara produktif dalam melakukan kegiatan dan layanan kepada masyarakat yang berhubungan dengan ICT salah satunya dengan menciptakan lulusan yang cepat bekerja. Agar dapat meningkatkan harapan mahasiswa yang lulus untuk bekerja, maka salah satu cara yag dapat ditempuh yaitu dengan meningkatkan kepuasan mahasiswa melalui layanan FRI IT Telkom kepada mahasiswa selama proses penyusunan Tugas Akhir.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kepuasan mahasiswa terhadap layanan FRI IT Telkom, menggunakan 5 dimensi servqual, yaitu tangible, assurance, responsiveness, reliability, serta emphaty. Dengan memperhatikan urut-urutan proses penyusunan TA, terdapat 90 faktor yang digunakan untuk mengukur kepuasan mahasiswa tersebut. Pengukuran kepuasan dilakukan dengan memperhatikan nilai CSI (Customer Satisfaction Index), nilai Gap, serta diagram Importance Performance Analysis (IPA).

Nilai CSI menunjukkan bahwa responden merasa puas terhadap faktor-faktor kepuasan mahasiswa tersebut. Sedangkan nilai gap yang didapatkan digunakan untuk memetakan diagram IPA. Berdasarkan hasil pengukuran menggunakan diagram IPA, maka kepuasan mahasiswa terbagi menjadi ke dalam 4 kuadran, yaitu kuadran prioritas utama, kuadran pertahankan prestasi, kuadran prioritas rendah, serta kuadran berlebihan. Terdapat 27 faktor kepuasan pada kuadran prioritas utama yang perlu untuk ditingkatkan kepuasannya.

Usulan perbaikan yang diberikan berdasarkan faktor-faktor kepuasan yang terletak pada kuadran prioritas utama. Usulan perbaikan yang diberikan termasuk adanya informasi jadwal dosen pembina/pembimbing/penguji, penambahan jumlah staf administrasi, pembentukan bimbingan konseling TA, sistem validasi online, sistem pemberian reward bagi dosen pembimbing/pembina dengan jumlah mahasiswa bimbingan lulus tepat waktu terbanyak, pemberian notifikasi kepada dosen pembina/pembimbing mengenai mahasiswa bimbingan yang belum lulus, serta bantuan untuk mencari lokasi/objek penelitian dari fakultas.

kepuasan mahasiswa, IT Telkom, CSI, Gap, IPA

Subjek

SERVICE QUALITY
 

Katalog

KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI IT TELKOM SELAMA PROSES PENYUSUNAN TUGAS AKHIR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mariana
Perorangan
Ir. Marina Y. Lubis, MSi; Ir. Widia Juliani, MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini