Model Sistem Distribusi Mail Processing Center (MPC) Bandung Menggunakan Saving Matrix Method

Mohamad Irman Nugraha

Informasi Dasar

112060070
380
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Misi utama perusahaan yang bergerak dalam bidang logistik adalah tepat waktu, tepat tempat dan tepat barang. PT. Pos Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam jasa pengiriman barang mempunyai unit khusus yaitu Mail Processing Center (MPC) yangbertugas mengatur pengirimanbarang ke Delivery centre yang berada di masing-masing kota di seluruh Indonesia.Mekanisme pendistribusian menurut cakupan wilayah tujuan pengiriman barang tersebut dibagi menjadi tiga bagian. Pertama Pengiriman Primer yaitu Pendistribusian antar Mail Processing Center yang berada di tiap-tiap ibukota seluruh provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. Kedua, Pengiriman Sekunder yaitu pendistribusian dari tiap Mail Processing Center ke Delivery centre yang dimiliki oleh masing-masing kota di seluruh wilayah Indonesia. Ketiga, yaitu Pendistribusian dari Delivery centre kepada end customer yang berada di wilayah cakupan Delivery centre tersebut.

Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis rute distribusi logistik menggunakan Saving Matrix Method Clarke and Wright Algorithm (Saving heuristic) dengan tujuan mendapatkan rute yang optimal, sehingga dapat diketahui jumlah perjalanan yang seharusnya dilaksanakan sesuai dengan kapasitas tiap armada. Data jarak antar delivery center dan antar delivery center ke MPC akan dianalisis untuk mendapatkan penghematan jarak tiap kombinasi pasangan delivery center , lalu penghematan jarak tersebut akan di-ranking untuk menentukan prioritas utama dalam menentukan urutan dalam pembuatan rute, dengan memperhatikan total permintaan delivery center dalam satu rute agar tidak melebihi kapasitas armada.

Dari pengolahan data diperoleh 3 rute usulan yang lebih optimal.Armada yang digunakan menjadi 3 buah armada dengan menempuh total jarak yang lebih pendek 4.937,4 Km dibandingkan dengan menggunakan 6 rute pada kondisi eksisting dengan armada yang digunakan sebanyak 6 buah. Dari segi efisiensi biaya distribusi dapat diperoleh penghematan biaya distribusi yang cukup besar sekitar Rp 6.260.494,45 untuk tiap bulannya. Saving Matrix, delivery center, Distribusi.

Subjek

DISTRIBUTED PARAMETER SYSTEMS
 

Katalog

Model Sistem Distribusi Mail Processing Center (MPC) Bandung Menggunakan Saving Matrix Method
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mohamad Irman Nugraha
Perorangan
Mira Rahayu, ST., MT; Muhammad Iqbal, ST., MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini