Penentuan Jalur Distribusi Terpendek di PT Sinar Sosro Dengan Menggunakan Algoritma Genetika

Fauziah Rahmah

Informasi Dasar

112060068
380
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Sinar Sosro sebagai salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang minuman teh dalam kemasanadalah yang pertama di Indonesia.Salah satu produk yang diproduksi adalah dalam botol. Pada proses distribusi produknyaperusahan tidak memperhitungkan secara matematis, sehingga dibutuhkan suatu perhitungan yang matang agar proses distribusi yang ada menjadi lebih optimal.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan urutan tur dalam proses distribusi sehingga didapatkan tur dengan ongkos dan waktu totalyang paling minimum dengan menggunakan pendekatan algoritma genetika. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah waktu proses tiapmasing-masing pelanggan, data time window, data jarak tempuh, data kecepatan kendaraan, data demand, data biaya transportasi. Pencarian solusi diawali dengan menginisialisasi populasi sejumlah ukuran populasi yang diinputkan, menggunakan mekasnisme algoritma sequential insertion.Kemudian dilakukan evaluasi dari tiap individu, menghitung nilai fitness yang menjadi fungsi tujuan. Setelah itu dilakukan proses elitis yang merupakan proses seleksi dengan mengambil 50 % individu terbaik generasi sebelumnya. Langkah selanjutnya melakukan rekombinasi yaitu pindah silang dan mutasi.Langkah tersebut diulang sampai memenuhi kondisi berhenti, maksimum generasi adalah kondisi berhenti yang digunakan dalam penelitian ini.

Hasil keluaran dari algoritma genetika berupa urutan turyang dapat menghasilkan tur dengan ongkos total dan total waktu minimum. Pada turexisting mempunyai ongkos totalsebesar Rp. 1.168.396,25, sedangkan solusi yang didapatkan dari pendekatan algoritma genetika dalam penelitian ini menghasilkan ongkos total sebesarRp. 1.086.338,75. Waktu total pada tur eksisting sebesar 48 Jam 57 Menit dan solusi algoritma genetika adalah 42 Jam 54 Menit.

Distribusi, Algoritma Genetika, Vehicle Routing Problem

Subjek

Distributed processing
 

Katalog

Penentuan Jalur Distribusi Terpendek di PT Sinar Sosro Dengan Menggunakan Algoritma Genetika
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fauziah Rahmah
Perorangan
Dr. Dida Diah Damayanti, Ir., MEng; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini