PENGARUH DIMENSI ORGANISASI, INDIVIDU, DAN KARAKTERISTIK KNOWLEDGE TERHADAP KINERJA KARYAWAN KANTOR PUSAT PT TELKOM

CHAIRUN NISA

Informasi Dasar

112060066
300.72
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Knowledge merupakan pengalaman, value, wawasan, dan informasi kontekstual (Davenport dan Prusak, 1998). Knowledge dalam perusahaan terdapat pada karyawan yang bekerja pada perusahaan. Knowledge perlu di-manage karena knowledge merupakan hal yang selalu bernilai bagi orang. Salah satu cara me-manage knowledge adalah dengan secara aktif melakukan knowledge sharing antar karyawan dalam perusahaan. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh knowledge sharing terhadap kinerja individu karyawan di kantor pusat PT Telkom. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh organizational dimension terhadap knowledge sharing karyawan, mengidentifikasi pengaruh individual dimension terhadap knowledge sharing karyawan, mengidentifikasi pengaruh characteristic of knowledge dimension terhadap knowledge sharing karyawan, mengidentifikasi elemen yang paling memberikan pengaruh terhadap knowledge sharing, dan mengidentifikasi pengaruh knowledge sharing terhadap kinerja karyawan pada kantor pusat PT Telkom.

Knowledge sharing dipengaruhi oleh tiga konsep, yaitu: organizational, invidual dan characteristic of knowledge. Konsep organizational dimension merupakan alasan knowledge sharing karyawan dari sisi organisasi atau perusahaan, yang terdiri dari lima dimensi, yaitu organizational learning culture, organizational structure, employee training, reward system, dan support from top management. Konsep individual dimension, yaitu alasan dari dalam diri karyawan untuk melakukan knowledge sharing, yang terdiri dari tiga dimensi, yaitu openness in communication, cooperative relationships, dan intention to share knowledge. Konsep characteristic of knowledge dimension atau karakter dari knowledge itu sendiri, yang terdiri dari dua dimensi, yaitu clarity of knowledge dan usefulness of knowledge. Ketiga konsep tersebut diuji pengaruhnya terhadap knowledge sharing yang kemudian diuji hubungannya secara langsung teradap work performance atau kinerja. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan teknik non probability sampling. Objek penelitian adalah karyawan di kantor pusat PT Telkom yang telah bekerja minimal selama tiga bulan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan penelitian serupa yang dilakukan pada karyawan pemerintahan di Korea oleh Kang, Kim dan Chang (2008). Metode pengolahan data adalah dengan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Lisrel 8.7.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa knowledge sharing antar karyawan memberikan pengaruh pada peningkatan kinerja individu karyawan sebesar 49%. Hal ini berarti knowledge sharing memberikan pengaruh yang dominan bagi peningkatan kinerja karyawan. Selain knowledge sharing, 51% dari kinerja dapat dipengaruhi oleh diantaranya kepuasan kastemer terhadap produk dan yang dijual perusahaan, kebijakan pemerintah, dan kebijakan-kebijakan stakeholder (pemegang saham). Dalam penelitian juga diketahui bahwa ketiga dimensi, yaitu organisasi, individu dan karakter knowledge memberikan pengaruh positif pada knowledge sharing antar karyawan. Selanjutnya, konsep individu memberikan pengaruh paling besar pada knowledge sharing dibandingkan konsep yang lain. Dalam pengujian, juga ditemukan bahwa elemen cooperative relationship memberikan kontribusi paling besar pada dimensi individu, yaitu sebesar 98%. Berdasarkan konsep yang berpengaruh terhadap knowledge sharing karyawan, maka disusun rekomendasi untuk meningkatkan kinerja individu karyawan, yaitu sebaiknya para karyawan lebih diperhatikan secara individu oleh pihak top management. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan pertemuan khusus antara para top management untuk mengevaluasi kinerja individu karyawan secara lebih spesifik. Karyawan juga difokuskan untuk aktif dalam mengikuti proses knowledge sharing khususnya pada unit kerjanya dan pada pertemuan mingguan selalu diadakan evaluasi dan progres pencapaian target program kerja unit kerja. Dengan adanya rekomendasi ini, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja individu karyawannya yang kemudian dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara umum.

Saran untuk penelitian selanjutnya diantaranya yaitu penelitian dapat dilakukan dengan menambah dimensi yang diteliti, penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan metode pengukuran yang berbeda, penelitian dapat dilakukan di PT Telkom dengan lingkup yang lebih luas, misalnya pada PT Telkom area Bandung, penelitian dapat digunakan untuk perusahaan yang berbeda. knowledge, knowledge sharing, kinerja individu.

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH DIMENSI ORGANISASI, INDIVIDU, DAN KARAKTERISTIK KNOWLEDGE TERHADAP KINERJA KARYAWAN KANTOR PUSAT PT TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHAIRUN NISA
Perorangan
DR. LUCIANA ANDRAWINA, Ir., M.T.; MARINA YUSTIANA LUBIS, Ir.,M.Si.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini