PENGARUH KNOWLEDGE SHARING BEHAVIOR TERHADAP INNOVATION CAPABILITY DI PT ARISA MANDIRI PRATAMA

SARI KUSUMAWATI

Informasi Dasar

112060055
300.72
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Arisa Mandiri Pratama merupakan perusahaan subkontrak yang bergerak dalam injeksi moulding dengan bahan dasar plastik yang juga mengembangkan produknya sendiri. Oleh karena itu, PT Arisa Mandiri Pratama juga menjadi kompetitor bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor industri. Seperti dalam salah satu kebijakan mutu perusahaannya, PT Arisa Mandiri Pratama ingin melatih karyawan-karyawannya agar memiliki kompetensi yang diperlukan. Kemampuan berkompetisi perusahaan ditunjang oleh kemampuan berinovasi. Pengelolaan knowledge yang baik tanpa diimbangi dengan adanya kemampuan inovasi tidak akan mampu menunjang kebutuhan kompetisi perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan absorptive capacity yang baik untuk mengubah knowledge menjadi organisasi pembelajaran bagi karyawan yang berguna untuk menumbuhkan innovation capability karyawan.

Penelitian ini merupakan confirmatory research yang menguji kembali mengenai pengaruh knowledge sharing behavior terhadap absorptive capacity, pengaruh absorptive capacity terhadap innovation capability, dan pengaruh knowledge sharing behavior terhadap innovation capability, berdasarkan studi empiris yang dilakukan oleh Liao, Fei, dan Chen (2007), dengan memberikan pengembangan mengenai pengaruh kepercayaan terhadap knowledge sharing behavior yang dimensinya diadaptasi dari penelitian Renzl (2006). Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh terhadap knowledge sharing behavior. Knowledge sharing behavior tidak berpengaruh terhadap absorptive capacity, sementara absorptive capacity berpengaruh terhadap innovation capability, dan knowledge sharing behavior tidak berpengaruh langsung terhadap innovation capability.

Penelitian selanjutnya dapat menguji hipotesis-hipotesis yang terdapat dalam penelitian ini di perusahaan lain. Penelitian selanjutnya dapat menelusuri lebih lanjut mengenai pengaruh knowledge sharing behavior terhadap absorptive capacity dan pengaruh knowledge sharing behavior terhadap innovation capability. Penelitian juga dapat dilakukan kembali untuk beberapa periode mendatang pada PT Arisa Mandiri Pratama setelah dilakukan perbaikan, serta dapat dilakukan penelitian juga pada tingkatan responden yang berbeda di PT Arisa Mandiri Pratama.

Kepercayaan, Knowledge Sharing Behavior, Absorptive Capacity,Innovation Capability

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT-KNOWLEDGE SHARING
 

Katalog

PENGARUH KNOWLEDGE SHARING BEHAVIOR TERHADAP INNOVATION CAPABILITY DI PT ARISA MANDIRI PRATAMA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SARI KUSUMAWATI
Perorangan
DR. LUCIANA ANDRAWINA; AMELIA KURNIAWATI, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini