EVALUASI DAN PERBAIKAN PROSES BISNIS JASA PENGIRIMAN BARANG DENGAN METODE MIPI DAN USULAN SISTEM INFORMASI DI PT. PANCA KOBRA SAKTI CABANG BANDUNG

Amalina Hani Sulistia

Informasi Dasar

112060043
380
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Panca Kobra Sakti merupakan perusahaan jasa pengiriman barang ekspress yang berpusat di Semarang, Jawa Tengah. Berdiri sejak tahun 1978, PT. Panca Kobra Sakti hingga kini telah memiliki 5 kantor cabang pusat yang tersebar di 5 kota. Layanan utama yang ditawarkan adalah layanan pengiriman barang (cargo) ke daerah cakupan Jawa Tengah pada khususnya dan seluruh kota besar di Indonesia pada umumnya. Dengan sistem yang manual dalam proses bisnis utamanya yaitu proses pengadministrasian dan pengiriman barang sehingga mendapatkan komplain dari konsumen karena lamanya waktu pelayanan, terlebih untuk proses pengiriman yang seringnya terjadi keterlambatan sampai di kota tujuan. Dengan tingginya persaingan dalam industri pengiriman barang, secara tidak langsung mendorong perusahaan untuk meningkatkan performansi pelayanannya terhadap konsumen terutama dalam hal perbaikan waktu untuk proses bisnisnya.

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan perbaikan proses bisnis yang optimal bagi PT. Panca Kobra Sakti adalah metode Model-Based and Integrated Process Improvement (MIPI), selain itu juga dilakukan perancangan sistem informasi untuk menyempurnakan proses bisnis yang diusulkan.

Dengan perbaikan dan perancangan sistem informasi untuk proses pengadministrasian yang terdiri dari proses pencatatan dan perhitungan keuangan, sedangkan proses pengiriman barang yang terdiri dari uploading, downloading, dan pengiriman maka terjadi peningkatan terhadap efisiensi waktu dan aktivitas pada proses bisnis di PT. Panca Kobra Sakti. Perbaikan proses berfokus kepada aktivitas dan waktu. Untuk aktivitasnya, terjadi perbaikan proses pencatatan dari 11 menjadi 9 aktivitas, perhitungan keuangan dari 14 sampai 5 aktivitas, uploading dari 9 sampai 5 aktivitas, downloading dari 9 sampai 6 aktivitas, dan untuk pengiriman dengan jumlah aktivitas yang sama hanya dilakukan pengurangan waktu siklusnya yaitu 9 aktivitas. Sedangkan, untuk waktu siklusnya, perbaikannya antara lain proses pencatatan barang berkurang dari 158.14 menjadi 15.18 menit, perhitungan keuangan dari 761.54 menjadi 242.03 menit, uploading dari 178.57 menjadi 26.32 menit , downloading dari 158.41 menjadi 41.58 menit, dan proses pengiriman (uploading) dari 4311.47 menjadi 2987.79 menit serta proses pengiriman (downloading) dari 306.04 menjadi 154.02 menit. Dari efisiensi prosesnya, dapat dibandingkan antara lain untuk proses pencatatan, efisiensi prosesnya meningkat dari 50.82% menjadi 95.56%, perhitungan keuangan dari 48.25% menjadi 99.64%, uploading dari 59.5% menjadi 100%, downloading dari 93.16% menjadi 100%, dan pengiriman dari 99.87% menjadi 99.98%. Nilai efisiensi proses yang tinggi (mendekati 100%) menunjukkan tingkat efektifitas yang tinggi dan adanya penggunaan sumberdaya yang besar dalam usaha pemenuhan aktivitas bernilai tambah (Real-Value Added). PT. Panca Kobra Sakti, Model-Based and Integrated Business Improvement, efisiensi proses, efektifitas proses, sistem informasi pengiriman barang.

Subjek

BUSINESS PROCESS MANAGEMENT
 

Katalog

EVALUASI DAN PERBAIKAN PROSES BISNIS JASA PENGIRIMAN BARANG DENGAN METODE MIPI DAN USULAN SISTEM INFORMASI DI PT. PANCA KOBRA SAKTI CABANG BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Amalina Hani Sulistia
Perorangan
SRI WIDANINGRUM, Ir., MT.; CHRISTANTO TRIWIBISONO, Ir., MM.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini