Pengembangan Program Customer Club Indosat Community Berdasarkan Kepuasan Anggota di Bandung

Rusdan Trendyano

Informasi Dasar

112060018
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berkembangnya layanan telepon seluler pada saat ini sangat pesat. Data menunjukan bahwa pada 2009 terdapat 151,6 juta pelanggan seluler yang terdiri dari 84 persen pelanggan GSM dan 16 persen pelanggan CDMA. (Lukihardianti, 2009). Dengan pangsa pasar yang ketat maka tingkat churn atau perpindahan pelanggan dari satu operator ke operator lainnya harus dapat ditekan. Efek dari perpindahan pelanggan dapat mengakibatkan pengurangan market share, profitability yang rendah dan penambahan biaya.

Untuk mengurangi tingkat churn, PT. Indosat melakukan suatu program customer club yakni dengan membentuk INDOSAT COMMUNITY yaitu suatu komunitas pengguna layanan Indosat (Matrix, Mentari, IM3, IM2 broadband) dengan tujuan meningkatkan loyalitas pelanggan. Namun, jumlah pelanggan Indosat yang tergabung dalam Indosat Community baru mencapai 10% dari pelanggan keseluruhan. Jumlah ini dipandang sangat rendah dibandingkan dengan jumlah pengguna keseluruhan. Hal ini dapat menyebabkan progam customer club kurang efektif.

Penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang terjadi antara Financial Benefit, Social Benefit, Psychological Benefit, dan Customer Club Handling, terhadap Customer Club Satisfaction. Korelasi tertinggi hingga terendah yaitu Psychological Benefit (0,455), Social Benefit (0,448), Financial Benefit (0,304) dan Customer Club Handling (0,200). Dilihat dari tingkat kepuasan anggota bila diurutkan dari yang tertinggi adalah Customer Club Handling (77.3%), Financial Benefit (76%), Social Benefit (71.875%), dan Psychological Benefit (59.65%). Oleh karena itu, semua aspek yang mempengaruhi kepuasan anggota Indosat Community harus dapat diperhatikan sebagai dasar perbaikan program.

Customer Retention, Customer Club, Customer Satisfaction

Subjek

CONSUMER SATISFACTION
 

Katalog

Pengembangan Program Customer Club Indosat Community Berdasarkan Kepuasan Anggota di Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rusdan Trendyano
Perorangan
Yati Rohayati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini