PERANCANGAN SISTEM INSENTIF TERHADAP KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN EMERSON PLAN DI RSUD CIBINONG

Achmad Rizky Harahap

Informasi Dasar

112060008
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong (RSUDC) merupakan sebuah sarana layanan kesehatan masyarakat yang memiliki beberapa fasilitas seperti rawat inap, rawat jalan, layanan bersalin, unit gawat darurat, kamar bedah, laboratorium klinik, radiologi, apotik, dan lain-lain. Pemberian insentif pada RSUDC menganut kepada sistem poin dimana sistem ini memiliki beberapa kriteria dalam penilaian poin nya, yaitu kriteria umum, kedisiplinan, dan beban kerja. Rumah sakit ini pada dasarnya belum memiliki pemberian insentif berdasarkan jam kerja. Hal ini terbukti dari masih ada karyawan yang tidak memenuhi jumlah jam kerja standar yang tentunya hal tersebut akan mempengaruhi tingkat loyalitas seorang karyawan terhadap pekerjaannya.

Insentif merupakan rangsangan yang diberikan kepada karyawan dengan tujuan untuk mendorong karyawan dalam bertindak dan berbuat sesuatu untuk tujuan perusahaan. Jam kerja merupakan suatu hal yang menjadi dasar bagi sebuah perusahaan dalam menilai tingkat loyalitas karyawan nya terhadap perusahaan Sehingga apabila tidak adanya insentif berdasarkan jam kerja maka karyawan tidak akan termotivasi untuk melakukan sesuatu yang lebih, seperti berada di rumah sakit lebih lama, dan lain-lain.

Emerson Plan merupakan metode yang digunakan untuk memberikan upah tambahan kepada karyawannya berdasarkan waktu kerja karyawan selama periode tertentu dan gaji pokok yang diterima oleh karyawan. Dengan metode ini akan diperoleh besarnya insentif setiap karyawan yang berbeda-beda.

Dengan sistem yang dimiliki RSUDC saat ini, karyawan tidak akan memperdulikan jumlah jam kerja aktual mereka, tetapi dengan menggunakan Emerson Plan karyawan akan memperhatikan jumlah jam kerja aktual mereka untuk menentukan berapa besar insentif yang diterima. Sehingga dengan Emerson Plan dapat meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan dan juga kedisiplinan karyawan insentif, perawat, Emerson Plan, gaji pokok, loyalitas, disiplin

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INSENTIF TERHADAP KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN EMERSON PLAN DI RSUD CIBINONG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Achmad Rizky Harahap
Perorangan
BUDI PRAPTONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini