PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN OPERASIONAL HOTEL ROYAL CORNER DENGAN METODA WATERFALL

FADLY NUR

Informasi Dasar

112051073
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kualitas pelayanan terhadap konsumen merupakan critical success factor yang harus memiliki tingkat performansi tinggi terutama bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Pada bisnis tersebut, perusahaan secara langsung bertatap muka dengan konsumen dan menjual produk pelayanannya. Salah satu unit bisnis yang bergerak di bidang jasa adalah bisnis perhotelan.
Hotel Royal Corner adalah salah satu hotel yang memprioritaskan kepuasan pelanggan dalam memberikan pelayanannya. Oleh karena itu, semua pihak terutama bagian operasional harus dapat melaksanakan pekerjaan secara terkoordinasi untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Salah satu bagian operasional yang memiliki peran penting dalam pelayanan terhadap konsumen adalah receptionist. Pada bagian ini, terdapat transaksi reservation, check in, walk in, dan check out yang sangat berkaitan dengan interaksi ke konsumen. Transaksi-transaksi tersebut membutuhkan koordinasi yang baik dengan housekeeper. Namun, pada pelaksanaannya housekeeper harus berulang kali ke bagian receptionist untuk mengetahui status kamar yang sedang, tidak, atau selesai digunakan untuk dapat dipersiapkan kembali.
Transaksi lain yang juga berhubungan dengan pelayanan terhadap konsumen adalah transaksi pemesanan makanan dan minuman. Pada transaksi ini, food and beverage service harus berulang kali ke bagian receptionist untuk memberikan bill pesanan dan menghubungi bagian food and beverage product untuk memberikan informasi pesanan. Hal ini akan menimbulkan kesulitan jika frekuensi konsumen yang menginap dan memesan makanan dan minuman meningkat.
Berdasarkan permasalahan tersebut, dibuatlah suatu pemecahan masalah yang dibagi menjadi 7 tahap, yaitu mengidentifikasi masalah, melakukan penelitian awal, mengumpulkan informasi dan pengolahan data, perancangan, konstruksi, analisis hasil rancangan, serta kesimpulan dan saran.
Kesimpulan yang dapat diambil dari perancangan sistem infomasi ini adalah perbaikan proses bisnis dilakukan dengan cara menentukan proses bisnis kritis dan menganalisis tiap-tiap aktivitasnya sampai akhirnya didapatkan proses bisnis usulan. Proses bisnis usulan yang telah dibuat dijadikan skenario pembuatan sistem informasi manajemen untuk memperbaiki aliran informasi di bagian receptionist, housekeeper, dan food and beverage. Operasional Hotel, Proses Bisnis, Sistem Informasi Manajemen

Subjek

Information management-systems
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN OPERASIONAL HOTEL ROYAL CORNER DENGAN METODA WATERFALL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADLY NUR
Perorangan
Christanto Triwibisono, Sri Widaningrum
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini