Perancangan Sistem Pemantauan Kualitas Produksi Secara Omline Menggunakan Perangkat Lunak Quality Improvement Analyst (QI Analyst) (Studi Kasus : Plant CRF PT. Piango Utama)

Ria Arganatha Siswaty

Informasi Dasar

112051051
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Pinago Utama adalah salah satu perusahaan industri pengolahan karet remah (crumb rubber) yang beroperasi sejak tahun 1997 berlokasi di desa Sugiwaras, kecamatan Babat Toman, kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan – Indonesia dengan luas areal sekitar 39.200m2. PT. Pinago Utama menghasilkan produk crumb rubber SIR (Standard Indonesian Rubber) grade SIR 5, SIR 10 serta SIR 20 dengan kapasitas produksi mencapai ±3000 ton/bulan.
Untuk menjaga kualitas produknya, pengelolaan manajemen dan teknologi modern telah diterapkan oleh PT. Pinago Utama. Salah satu penerapannya ada pada proses produksi dengan sistem yang telah otomasi. Namun, pemantauan kualitas produksi di PT. Pinago Utama masih dirasa kurang efektif, karena sistem yang digunakan untuk pencatatan serta analisisnya masih secara manual, yaitu operator harus turun langsung ke lantai produksi.
Tahap proses produksi crumb rubber di PT. Pinago Utama merupakan tahap yang paling kritis untuk pengontrolan kualitas produksi, sebab hal yang paling berpengaruh terhadap kualitas karet remah dimata konsumen adalah bentuk dan ukuran yang seragam. Namun, karena pemantauan kualitas produksi masih dilakukan secara manual oleh operator, hasil produksi sering terjadi cacat produk, sehingga konsumen sering mengeluhkannya.
Penelitian ini memberikan salah satu alternatif solusiuntuk membantu pihak PT. Pinago Utama dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi, yaitu denganmembuat rancangan sistem pemantauan kualitas produksi dengan menggunakan Proggrammable Logic Controller dan Human Machine Interface. Tahap awal yang dilakukan adalah menganailisis system eksisting, dan kemudian dibuat rancangan skenario proses, pemrograman PLC, pembuatan HMI, pembuatan basis data dan pembuatan kontrol kualitas dengan QI Analyst.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya sistem pemantauan kualitas produksi secara online menggunakan perangkat lunak QI analyst untuk proses produksi crumb rubber pada plant CRF PT. Pinago Utama. Sistem ini membantu operator dalam melakukan pemantauan dan pengontrolan kualitas produksi tanpa perlu lagi untuk turun ke lantai produksi secara langsung. QI Analyst, Crumb Rubber, Otomasi

Subjek

PRODUCTION
 

Katalog

Perancangan Sistem Pemantauan Kualitas Produksi Secara Omline Menggunakan Perangkat Lunak Quality Improvement Analyst (QI Analyst) (Studi Kasus : Plant CRF PT. Piango Utama)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ria Arganatha Siswaty
Perorangan
Haris Rachmat, Marina Yustiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini