Perancangan Sistem Pakar untuk Mengidentifikasi Permasalahan-Permasalahan 4P Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam Manajamen Pemasaran

Siti Mardhiya Sutami

Informasi Dasar

112051046
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem pakar merupakan paket perangkat lunak pengambilan keputusan atau pemecahan masalah yang dapat mencapai tingkat performa yang setara – atau bahkan lebih – dengan pakar manusia di beberapa bidang khusus dan biasanya mempersempit area masalah. Keahlian ditransfer dari pakar ke komputer. Pengetahuan ini kemudian disimpan di dalam komputer, dan pengguna menjalankan komputer untuk nasihat spesifik yang diperlukan. Sistem pakar menanyakan fakta-fakta dan sampai pada kesimpulan khusus. Sistem pakar mengenai manajemen pemasaran, khususnya 4P marketing mix (product, price, place, dan promotion) dirasa penting, karena dasar berdirinya sebuah perusahaan adalah keempat hal tersebut. Oleh karena itu, sistem pakar ini menawarkan berbagai solusi-solusi dan saran-saran yang krusial mengenai permasalahan-permasalahan dalam 4P marketing mix.
Perancangan sistem pakar ini melewati beberapa tahapan, yaitu 5 tahap. Tahap pertama merupakan tahap pendahuluan yang berisi perumusan masalah, penentuan tujuan penelitian, dan pembatasan masalah. Tahap kedua yaitu tahap pembelajaran, berisi studi pustaka dan studi perangkat lunak. Tahap ketiga adalah tahap analisis dan perancangan sistem yang berisi analisis sistem dan deskripsi sistem. Tahap keempat yaitu tahap pengembangan sistem dan analisis hasil, berisi pengkodean, verifikasi dan analisis hasil perancangan sistem. Tahap kelima adalah tahap kesimpulan dan saran.
Penelitian ini mampu merancang sistem pakar berdasarkan pengembangan dari sistem pakar pada penelitian sebelumnya, Djamaludin, 1994, yang meliputi 3 hal, yaitu isi data/informasi 4P marketing mix yang ditampilkan bisa diandalkan (update), sistem bisa digunakan oleh 2 user, yaitu admin dan member, serta sistem bisa diaplikasikan melalui web. Oleh karena itu, perancangan sistem pakar ini diharapkan mampu menjawab permasalahan-permasalahan 4P marketing mix saat ini. Sistem pakar, marketing mix, manajemen pemasaran.

Subjek

MARKETING MIX
 

Katalog

Perancangan Sistem Pakar untuk Mengidentifikasi Permasalahan-Permasalahan 4P Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam Manajamen Pemasaran
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Siti Mardhiya Sutami
Perorangan
Anang Zaini Gani, Sugiarto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini