Perancangan Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir Berbasis Web di Institut Teknologi Telkom

Almira Dinar Rudiani

Informasi Dasar

112051045
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tugas Akhir merupakan suatu kegiatan penelitian yang diwajibkan bagi mahasiswa Institut Teknologi Telkom untuk menyelesaikan pendidikannya. UPT Perpustakaan IT Telkom merupakan salah satu tempat yang digunakan mahasiswa IT Telkom termasuk mahasiswa Teknik Industri untuk mencari referensi TA nya. Namun peraturan penggunaan fasilitas membatasi mahasiswa dalam mencari informasi di UPT Perpustakaan IT Telkom. Selain masalah dalam penggunaan fasilitas perpustakaan yang terbatas, permasalahan lain yang dihadapi adalah saat melakukan pencarian Tugas Akhir di UPT Perpustakaan. Berdasarkan hasil kuesioner pendahuluan yang telah dilakukan , ternyata 67% mahasiswa menyatakan bahwa pencarian referensi TA baik yang berbentuk softcopy maupun hardcopy di UPT perpustakaan IT Telkom tidak mudah dilakuan, hal ini dikarenakan penyusunan buku-buku tugas akhir tidak dilakukan secara alfabetis. Bimbingan dari dosen pembimbing dapat mempercepat proses pengerjaan Tugas Akhir, namun tidak jarang bimbingan menjadi penghambat dalam penyusunan Tugas Akhir. Dapat dikatakan penghambat bilamana dosen pembimbing sulit ditemui karena memiliki kepentingan lain. Dari hasil kuesioner pandahuluan, 65% mahasiswa mengalami kesulitan bertemu dengan dosen pembimbing untuk melakuakan bimbingan tatap muka. Untuk menyelesaikan masalah itu maka dibutuhkan solusi berupa suatu sistem informasi manajemen berbasis web yang dapat memudahkan mahasiswa untuk melakukan pencarian Tugas Akhir lebih cepat, memudahkan mahasiswa untuk memperoleh informasi-informasi yang berkaitan dengan tugas akhir, dan memungkinkan mahasiswa untuk berkomunikasi dengan dosen pembimbing melalui fasilitas bimbingan online.
Dalam tugas akhir ini dibuat suatu rancangan sistem informasi manajemen tugas akhir berbasis web. Dalam perancangan sistem ini, ada beberapa hal yang dilakukan. Tahap pertama adalah identifikasi dan pendahuluan, pada tahap ini dilakukan perumusan masalah, penentuan tujuan penelitian, dan studi pendahuluan. Tahap kedua adalah pembuatan model dengan melakukan penelitian pendahuluan, pengumpulan data, dan pengolahan data. Tahap ketiga adalah analisis dan perancangan sistem yang akan dibuat. Tahap keempat adalah pengembangan perangkat lunak dan evaluasi hasil. Terakhir adalah tahap kesimpulan dan saran.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan sistem informasi manajamen yang telah berhasil dibuat mampu memberikan informasi judul-judul tugas akhir terdahulu beserta jurnalnya, mampu memberikan informasi hasil penelitian yang dibuat oleh dosen sebagai bahan referensi kepada mahasiswa, mampu memberikan rekomendasi dosen pembina dan atau dosen pembimbing yang memiliki spesifikasi yang sesuai dengan topik penelitian yang diambil mahasiswa, mampu memberikan informasi persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar seminar dan atau sidang, mampu memberikan informasi jadwal seminar dan atau sidang, dan dapat dijadikan media bagi mahasiswa dan dosen untuk melakukan bimbingan secara online. sistem informasi, tugas akhir

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

Perancangan Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir Berbasis Web di Institut Teknologi Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Almira Dinar Rudiani
Perorangan
Christanto Triwibisono, Marina Yustiana Lubis
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini