PERANCANGAN POLA KARIR BERBASIS KOMPETENSI DI PT CINOX MEDIA INSANI

AUDI NANDA NINDITA

Informasi Dasar

112051041
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Cinox Media Insani merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi yang memberikan beberapa layanan antara lain ICT consultant, software development, hardware sales and rental, network integration, multimedia design, dan education serta training.
Berdasarkan hasil pengukuran factor kepuasan pada promosi jabatan yang dilakukan pada PT Cinox Media Insani dengan menggunakan item-item pertanyaan dari Index of Organizational Reactions (Smith, 1976) menunjukkan bahwa beberapa variable kepuasan karyawan terhadap promosi jabatan masih berada di bawah standar Employee Satisfaction Index yaitu dibawah 60%. Selain itu, sudah terdapat 7 orang pegawai yang memutuskan pindah ke perusahaan lain (turn over) dalam kurun waktu sejak PT Cinox Media Insani berdiri pada tahun 2004 sampai sekarang. Oleh karena itu, dalam usaha untuk meningkatkan kepuasan karyawan dan mengurangi angka turnover, dirancang suatu pola karir yang merupakan bagian dari perencanaan karir. Pola karir yang dibuat berbasis kompetensi.
Perancangan pola karir diawali dengan penentuan kompetensi inti/dasar sementara untuk semua jabatan di bawah jabatan Chief Technical Officer. Kompetensi inti/dasar sementara ditentukan berdasarkan visi, misi, prinsip-prinsip, dan strategi perusahaan yang disesuaikan dengan model kompetensi Spencer & Spencer dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi Sub Sektor Programmer Komputer. Kompetensi inti/dasar sementara tersebut kemudian dipilih menurut skala prioritas dengan menggunakan kuesioner matriks perbandingan berpasangan. Kompetensi inti/dasar yang telah dipilih kemudian ditentukan level minimum kompetensinya berdasarkan hasil wawancara yang disesuaikan dengan hasil analisis jabatan. Selanjutnya dilakukan analisis jabatan untuk mengetahui uraian jabatan dan spesifikasi jabatan. Berdasarkan hasil analisis jabatan tersebut disusun kompetensi bidang tiap jabatan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi inti/dasar yang disyaratkan pada PT Cinox Media Insani adalah TIK PR01.014.01 (Bekerja secara efektif dalam lingkungan teknologi informasi), Teamwork (TW), Flexibility (FLX), Interpersonal Understanding (IU), Customer Service Orientation (CSO), dan TIK PR02.015.01 (Mengkostumisasi paket software aplikasi untuk klien). Selain itu diperoleh pula kompetensi bidang untuk setiap jabatan. Berdasarkan level minimum kompetensi inti/dasar dan kompetensi bidang dirancang pola karir berbasis kompetensi.
Pola Karir, Kompetensi

Subjek

CAREER DEVELOPMENT
 

Katalog

PERANCANGAN POLA KARIR BERBASIS KOMPETENSI DI PT CINOX MEDIA INSANI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AUDI NANDA NINDITA
Perorangan
AGUS ACHMAD SUHENDRA, IR., MT.; LITASARI S, Psi.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini