PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PENDISTRIBUSIAN BARANG OUTLET ALFAMART (Studi Kasus : PT. Sumber Alfaria Trijaya, Bandung )

HARRY AIDIL SARFITRIO

Informasi Dasar

112051040
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan usaha retail yang semakin ketat, menuntut para pemainnya untuk dapat memperbaiki manajemennya agar lebih efektif dan efisien sehinga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Bagi perusahaan retail, manjemen distribusi merupakan aspek utama yang perlu diperhatikan. Salah satu keputusan operasional yang sangat penting dalam manajemen distribusi adalah penentuan rute pengiriman barang dari satu lokasi ke beberapa lokasi tujuan. Keputusan seperti ini sangat penting bagi perusahaan yang harus mengirimkan barang dari satu lokasi (misalnya gudang) ke bebagai toko yang tersebar di sebuah kota. Dalam hal ini Alfamart salah satu perusahaan retail merupakan salah satu perusahaan yang tepat dimana permasalahan tersebut terjadi. Setiap hari barang harus didistribusikan dari Distribution Centre, ke outlet-oulet Alfamart. PT Sumber Alfaria Trijaya Bandung kini telah menaungi lebih dari 300 outlet Alfamart yang tersebar di kota Bandung.
Keputusan rute yang akan ditempuh oleh setiap kendaraan akan sangat berpengaruh terhadap biaya-biaya pengiriman. Oleh karena itu, dibutuhkannya suatu metode yang dapat membantu dalam menentukan rute pengiriman barang yang optimum. Salah satu metode untuk penentuan rute pengiriman barang adalah saving matrix method. Metode Saving Matriks pada hakekatnya adalah metode untuk meminimumkan jarak atau waktu atau ongkos dengan mempertimbangkan armada yang digunakan. Pada metode saving matriks ada 4 langkah yang harus dikerjakan untuk mendapatkan rute pengiriman barang, diantranya yaitu mengidentifikasi matriks jarak, mengidentifikasi matriks penghematan, mengalokasikan outlet ke armada atau rute, dan yang terakhir adalah mengurutkan outlet dalam rute yang sudah terdefinisi.
Sistem yang digunakan untuk membantu dalam penentuan rute pengiriman barang adalah sebuah Aplikasi Sistem Pendistribusian barang, yaitu sistem berbasis komputer untuk membantu melakukan pengolahan data sehingga dapat memberikan outputan yang lebih akurat, cepat dan fleksibel. Dalam hal ini, ditambahkan visualisasi peta untuk mempermudah user dalam melihat hasil informasi yang dibutuhkan. Perhitungan dengan menggunakan aplikasi, dapat mempermudah bagian logistik dalam menentukan rute pengiriman barang yang optimum. Bagian logistik hanya tinggal menginputkan outlet-outlet mana saja yang melakukan permintaan barang serta berapa jumlah barang yang dimintanya, lalu aplikasi akan mengolahnya dengan menggunakan metode Saving Matriks sampai akhirnya menghasilkan urutan rute pengiriman barang ke outlet-outlet, beserta armada mana yang digunakan untuk melakukan pengiriman barang tersebut. Aplikasi Sistem Pendistribusian Alfamart, Saving Matrix Method.

Subjek

APPLICATION SOFTWARE-DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PENDISTRIBUSIAN BARANG OUTLET ALFAMART (Studi Kasus : PT. Sumber Alfaria Trijaya, Bandung )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARRY AIDIL SARFITRIO
Perorangan
BUDI SULISTYO, Ir., MT.; MIRA RAHAYU, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini