EVALUASI IMPLEMENTASI STANDAR PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI (SPASI) DAN PENGEMBANGANNYA KEARAH CAPABILITY MATURITY MODEL INTEGRATION (CMMI) PADA TELKOM RDC (Studi Kasus : Proyek Voice Combo)

Nadiya Amorita

Informasi Dasar

112051035
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sejalan dengan meningkatnya kebutuhan akan piranti lunak (software) di Indonesia menyebabkan menigkatnya pula jumlah user dan software house. Hal tersebut menyebabkan persaingan yang semakin ketat antara software house dalam menghasilkan software yang berkualitas.
TELKOM RDC merupakan salah satu software house di Indonesia yang turut bersaing dalam menghasilkan software yang berkualitas. Untuk itu TELKOM RDC membuat suatu standar yaitu SPASI yang diharapkan dapat mengontrol kualitas dari produk-produk yang dihasilkan. SPASI merupakan standar internal TELKOM RDC yang belum pernah diuji atau dilakukan audit. Melalui penelitian ini akan disusun suatu alat audit yang dapat mengukur sejauh mana penerapan SPASI dalam pelaksanaan pengembangan software di TELKOM RDC. Dalam penyusunan alat audit akan digunakan metoda countinuous representation CMMI. Penyusunan dilakukan dengan mengidentifikasi persamaan antara proses pengembangan software pada SPASI dan proses area pada CMMI. Berdasarkan hasil identifikasi tersebut didapatkan dokumen yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan pengembangan software pada TELKOM RDC.
Selain penyusunan alat audit, dalam penelitian ini juga akan dilakukan audit proses terhadap dua proses pengembangan software SPASI (proses requirement gathering dan proses analysis) dan dua proses area CMMI (proses area requirement management dan proses area project planning). Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan mencapai process level 1 untuk proses requirement gathering dan proses analisis, serta capability level 1 untuk proses area Requirement Management dan proses area Project Planning. Hal ini disebabkan practice dan dokumen Train people yang belum diatur dalam proses pengembangan software. Peneliti mengusulkan untuk mengatur pelaksanaan training secara spesifik pada proses yang akan ditanggani. Training juga diusulkan untuk dilaksanakan regular. Hal ini disebabkan cepatnya perkembangan teknologi, sehingga keahlian para personil proses pengembangan software harus selalu ditingkatkan. Usulan juga ditujukan pada standar internal SPASI dimana SPASI dapat menambahkan practices CMMI yang belum terdapa dalam SPASI.
Audit Teknologi Informasi, CMMI, Continuous Representation, SPASI

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

EVALUASI IMPLEMENTASI STANDAR PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI (SPASI) DAN PENGEMBANGANNYA KEARAH CAPABILITY MATURITY MODEL INTEGRATION (CMMI) PADA TELKOM RDC (Studi Kasus : Proyek Voice Combo)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nadiya Amorita
Perorangan
Yati Rohayati, Zakariah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini