PENERAPAN VALUE ENGINEERING PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH KOST DIKAWASAN PENDIDIKAN (studi kasus : pembangunan rumah kost di perumahan Permata Buahbatu dikawasan pendidikan Telkom)

ASFIA FITRI ARAS

Informasi Dasar

112051030
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada penelitian proyek pembangunan dilakukan di Perumahan Permata Buah Batu yang mana dalam pembangunannya diserahkan kepada pihak pengembang. Pihak pengembang biasanya menggunakan rancangan pembangunan yang telah biasa digunakan. sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan rumah kost sering kali tidak sesuai dengan harapan maksimal atau kurang efektif,dilihat dari tidak dipertimbangkannya untuk menggunakan material lainnya yang ada dipasaran.

sehingga perancangan perencanaan lebih baik menggunakan perencanaan berdasarkan value engineering. Value engineering pada pelaksanaannya terdiri dari 5 tahapan, yaitu : tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisis, tahap pengembangan, tahap persentasi dan rekomendasi. Pada tahap analisis dilakukan AHP (analitycal hierarchy process) sehingga lebih mudah dipahami dan dianalisis.

Setelah semua tahapan dalam value engineering dikerjakan didapat kesimpulan bahwa pemanfaatan value engineering dalam proyek pembangunan rumah kost dapat dilihat dengan adanya penggantian material yang digunakan dalam proyek tersebut. Material yang diganti mencakup pada penggunaan rangka atap baja ringan, atap genting metal, plafon GRC board, dinding menggunakan batu bata merah, lantai menggunakan granit, fasilitas kamar mandi menggunakan shower, fasilitas kost yang disediakan adalah internet, lemari yang digunakan adalah lemari Dakota, slimbed yang digunakan adalah slimbed vyniland, serta meja bejalar solid. Dengan ada penggantian pada proyek ini akan didapat penghematan untuk biaya secara keseluruhan. Value Engineering, proyek, nilai, AHP.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PENERAPAN VALUE ENGINEERING PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH KOST DIKAWASAN PENDIDIKAN (studi kasus : pembangunan rumah kost di perumahan Permata Buahbatu dikawasan pendidikan Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASFIA FITRI ARAS
Perorangan
IMAM HARJONO, RINO A. ANUGRAHA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini