PENGUKURAN PERFORMANSI PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DI PT. TAMAN WISATA LEMBAH HIJAU BANDAR LAMPUNG

Desta Yudistira

Informasi Dasar

112051029
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Taman Wisata Lembah Hijau didirikan oleh Bapak M. Ridwan Nasution beserta istrinya, Ibu Maardalena, serta anak- anaknya yaitu M. Irwan Nasution dan M. Erwin Nasution pada tanggal 14 Agustus 2007. Perusahaan ini berlokasi di Jl. Radin Imba Kesuma Ratu, Kel. Sukadanaham, Kec. Tanjungkarang Barat, Bandarlampung. Posisi strategis Propinsi Lampung, sebagai gerbang dari Jawa ke Sumatra, adalah alasan dari didirikannya perusahaan ini.
PT. Taman Wisata Lembah Hijau sendiri belum memiliki suatu sistem pengukuran kinerja yang mampu menjabarkan Visi dan Misi perusahaan menjadi suatu langkah strategis guna pengembangan perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengukur kinerja / performansi PT. Taman Wisata Lembah Hijau yang dapat mengintegrasikan keseluruhan aspek yang dimiliki oleh perusahaan yaitu dengan metode Balanced Scorecard. Pengukuran kinerja dengan metode Balanced Scorecard berdasarkan empat perspektif yaitu Perspektif Finansial, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai secara efektif.
Proses Pengukuran kinerja / performansi PT. Taman Wisata Lembah Hijau dimulai dengan penjabaran Visi, Misi, dan Strategi perusahaan ke dalam sasaran strategis, faktor kunci sukses, serta indikator keberhasilan. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembobotan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) hingga diakhiri dengan pengukuran kinerja / performansi PT. Taman Wisata Lembah Hijau. Pengukuran kinerja / performansi PT. Taman Wisata Lembah Hijau menghasilkan 17 indikator keberhasilan. Besarnya pengaruh indikator keberhasilan ditentukan pada besarnya bobot indikator tersebut.
Pengukuran kinerja dilakukan dengan menghitung nilai kinerja tiap perspektif. Nilai kinerja PT. Taman Wisata Lembah Hijau secara keseluruhan untuk tahun 2008 sebesar 3.83033 dan mencapai kategori Baik Balanced Scorecard, Analytical Hierarchy Process (AHP)

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PENGUKURAN PERFORMANSI PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DI PT. TAMAN WISATA LEMBAH HIJAU BANDAR LAMPUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Desta Yudistira
Perorangan
Budi Praptono, Samsul Budiarto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini