Perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan Barang di PT. Surya Pratama Buana

Andriyani Widyaningrum Purnamasari

Informasi Dasar

112051028
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Surya Pratama Buana merupakan satu-satunya Authorized PT. Astra Nissan Diesel Indonesia di Bandar Lampung. Selain menjadi bengkel untuk mobil-mobil keluaran Astra Nissan Diesel, Authorized juga menyediakan suku cadang asli Astra Nissan Diesel Genuine Parts untuk outlet-outlet. Selama ini, untuk mengetahui kebutuhan barang bulanan yang akan di pesan oleh outlet, PT. Surya Pratama Buana harus mengecek satu-satu ke masing-masing outlet, lalu mengirimnya melalui jasa pengiriman. Dan juga pada PT. Surya Pratama Buana ini tidak ada suatu sistem yang dapat memberikan informasi mengenai keadaan barang dan pengolahan data mengenai keluar masuknya barang masih menggunakan sistem semi manual. Selain itu, dalam sebulan, baik outlet maupun Authorized dapat memesan barang berkali-kali karena tingginya dinamisasi pergerakan keluar masuknya suku cadang. Karena itu dibutuhkan suatu perencanaan persediaan barang di PT. Surya Pratama Buana yang dapat menentukan besarnya persediaan dalam meng-cover seluruh demand dan juga sebuah sistem informasi yang dapat mendukung segala aktivitas mengenai manajemen persediaan barang.
Dalam merancang sistem informasi ini, ada beberapa hal yang dilakukan. Tahap pertama adalah menentukan perumusan masalah dan penentuan tujuan penelitian. Tahap kedua adalah melakukan pengumpulan data dan menganalisis sistem eksisting, lalu melakukan perancangan perencanaan persediaan yang dibutuhkan untuk menentukan kebutuhan sistem. Tahap ketiga adalah tahap perancangan sistem yang akan dibuat. Tahap keempat adalah tahap pengujian dan analisis hasil perancangan sistem. Dan tahap terakhir adalah tahap kesimpulan dan saran.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa perencanaan persediaan di PT. Surya Pratama Buana dilakukan dengan menggunakan metode ABC untuk memilah barang-barang yang bernilai tinggi lalu dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode P dalam menentukan reorder point serta safety stock. Dan juga sistem informasi manajemen persediaan barang di PT. Surya Pratama Buana yang dapat mendukung segala aktivitas mengenai persediaan barang telah berhasil dibuat. Sistem informasi ini dapat menghubungkan PT. Surya Pratama Buana dengan seluruh outlet yang ada dan dapat memudahkan outlet dalam memesan kebutuhan barang serta melihat persediaan barang di PT. Surya Pratama Buana. Sistem informasi ini juga memudahkan bagian bengkel melakukan permintaan barang keluar dan permintaan emergency serta pembuatan nota penjualan. Persediaan barang, Sistem Informasi

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

Perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan Barang di PT. Surya Pratama Buana
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andriyani Widyaningrum Purnamasari
Perorangan
Christanto Triwibisono, Mira Rahayu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini