Optimasi Distribusi Paket Di PT. Pos Indonesia Mail Processing Center Bandung Dengan Metode Saving Matrix

Siska Amalia

Informasi Dasar

112051021
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. POS INDONESIA Mail Processing Center Bandung merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang pengiriman barang. Perusahaan bertanggungjawab terhadap seluruh kiriman yang masuk dan keluar Bandung. fungsinya sebagai pusat antaran maka Mail Processing Center harus dapat memberikan performansi yang baik sehingga kiriman-kiriman yang diantarkan kepada anak layanannya dapat sampai di tempat tujuan tepat waktu dan dalam kondisi yang Performansi yang baik harus dapat terpenuhi setiap waktu agar tidak mengecewakan kustomernya serta agar tetap dapat bersaing di tengah maraknya pesaing yang menggeluti jasa pengiriman barang. Salah satu cara mencapai performa kerja yang baik menjalankan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Dalam hal ini berarti Mail Processing Center harus dapat mendistribusikan kirimannya sampai kepada anak kantornya memperhatikan efisiensi diantaranya dalam jarak tempuh, armada yang digunakan, pegawai, serta biaya yang dikeluarkan dalam proses pendistribusian tersebut.
Kondisi Eksisting Mail Processing Center menunjukkan adanya rute pengiriman yang belum terstruktur secara baik. Adapun rute eksisting tersebut merupakan hasil perkiraan semata tanpa adanya perhitungan matematis yang mendukung. Kondisi eksisting menunjukkan terdapat 7 rute pengiriman yang membutuhkan 7 unit armada pengiriman, dengan jumlah pegawai yang dibutuhkan sebanyak 14 orang. Adapun jarak total yang ditempuh adalah 861 km dan biaya yang dikeluarkan adalah Rp. 193.725/hari. Keadaan eksisting ini belum diketahui apakah telah optimal dan efisien.
Untuk dapat meningkatkan performa kerja Mail Processing Center maka perlu dilakukan suatu evaluasi mengenai model transportasi yang optimal. Dengan menggunakan metode Saving Matrix, penelitian ini dapat memberikan sebuah usulan mengenai rute distribusi pengiriman yang optimal. Adapun selanjutnya kondisi usulan ini akan memberikan penghematan dalam hal jarak, armada, pegawai, dan biaya yang dikeluarkan.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu bahwa rute distribusi yang optimal adalah dengan membentuk 3 buah kluster, dimana masing-masing kluster terdiri dari beberapa area layanan. Dengan rute distribusi usulan ini membutuhkan 3 unit armada pengiriman, dengan jumlah pegawainya adalah sebanyak 6 orang. Adapun jarak total yang ditempuh pada rute usulan ini adalah 714 km dan biaya yang dikeluarkan adalah Rp. 160.650/hari. Dibandingkan rute eksisting, rute usulan memberikan penghematan biaya sebesar Rp. 33.075/hari. Dengan hasil perhitungan tersebut maka perusahaan dapat menjalankan kegiatan distribusinya dengan lebih optimal dan efisien. Saving Matrix, Travelling Salesman Problem, Optimasi, Kluster.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

Optimasi Distribusi Paket Di PT. Pos Indonesia Mail Processing Center Bandung Dengan Metode Saving Matrix
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Siska Amalia
Perorangan
Budi Sulistyo, Mira Rahayu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini