PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DI PT. BANK MANDIRI CABANG “X” BANDUNG

WINDI MEILINDA

Informasi Dasar

112051009
658.312 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Bank Mandiri berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik pemerintah yaitu Bank Dagang Negara, Bank Bumi Daya, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia, bergabung menjadi Bank Mandiri. PT. Bank Mandiri bergerak di bidang investment banking , perbankan syariah serta bancassurance. Bank Mandiri menyediakan solusi keuangan yang menyeluruh bagi perusahaan swasta maupun milik negara, komersil, usaha kecil dan mikro serta nasabah consumer.
PT. Bank Mandiri melakukan pengukuran kinerja perusahan hanya dengan memperhatikan perspektif finansial saja, yaitu sebagian besar dilihat dari output finansial. Dalam beberapa tahun belakangan ini penilaian kinerja yang dilakukan PT.Bank Mandiri hampir 90% mengacu pada pencapaian kinerja perspektif finansial atau berorientasi pada hasil (output finansial) sedangkan dari perspektif SDM sendiri hanya berkisar +/- 2,5-5%. Pengukuran dengan cara tersebut tidak secara menyeluruh menilai aspek yang ada pada perusahaan sehingga pengukuran yang dilakukan kurang terintegrasi pada aspek yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan.
Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan pengukuran kinerja PT. Bank Mandiri dengan menggunakan metode yang dapat mengintegrasikann seluruh aspek yang terkait dalam perusahaan yaitu metode Balanced Sscorecard. Metode ini mengukur kinerja perusahaan berdasarkan empat perspektif yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan sehingga dapat diperoleh pencapaian tujuan perusahaan yang lebih efektif dan terintegrasi.
Proses pengukuran kinerja PT. Bank Mandiri diawali dengan penjabaran visi, misi dan strategi perusahaan kedalam sasaran strategis, faktor kritis penentu sukses serta indikator keberhasilan perusahaan. Proses selanjutnya yaitu pembobotan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) kemudian proses terakhir yaitu pengukuran kinerja PT. Bank Mandiri.
Evaluasi kinerja PT. Bank Mandiri menghasilkan 31 buah indikator keberhasilan yang berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Besarnya pengaruh indikator keberhasilan perusahaan bergantung pada besarnya bobot indikator tersebut.
Pengukuran kinerja keseluruhan dilakukan dengan menghitung nilai kinerja tiap perspektif. Dimana nilai kinerja PT. Bank Mandiri secara keseluruhan untuk tahun 2008 yaitu 3.33289 dengan kategori penilaian Baik. Balanced Scorecard, Analytical Hierarchy Process (AHP)

Subjek

PERFORMANCE
 

Katalog

PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DI PT. BANK MANDIRI CABANG “X” BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WINDI MEILINDA
Perorangan
sri, samsul
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini