Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Barang Usaha Dagang Zamil Afif

Maskub Manggala

Informasi Dasar

112050159
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

UD Zamil Afif yang terletak di Kecamatan Megamendung merupakan salah satu unit mikro di Indonesia yang melakukan diservikasi usaha dibidang kebutuhan pokok (sembako). Dalam kegiatan usahanya, jumlah persediaan dan penjualan barang yang ada tidak terdata (tidak ada pembukuan) serta pembagian kerja didalam UD Zamil Afif belum jelas. Hal ini didapatkan dari hasil pengamatan pada saat survei di UD tersebut. Beberapa permasalahan yang terjadi di UD adalah pelanggan yang kembali karena adanya barang yang kurang atau tertinggal, atau karena terjadi kesalahan ketika menghitung kembali total transaksi yang dilakukan. Lalu tercecernya bon-bon piutang pelanggan dan hutang supplier yang akan mengakibatkan bon-bon tersebut hilang serta pelanggan yang mengeluh bahwasanya tulisan pemilik toko tidak dapat dibaca dengan jelas.

Dalam menanggulangi masalah ini akan di lakukanlah sebuah pemetaan proses bisnis dan pembuatan sistem informasi yang efektif dan efisien yang bertujuan agar tercatatnya penjualan, persediaan barang dan mengurangi kesalahan yang terjadi pada saat transaksi serta dapat memelihara kepercayaan pelanggan.

Perancangan ini hanya sampai ke tahap usulan implementasi sistem (perancangan prototipe). Tahap usulan implementasi sistem yaitu tahap pengkodean program serta pembuatan software dan dilakukan uji coba. Sistem informasi penjualan dan persediaan barang ini berfungsi mengotomatisasi seluruh aktivitas yang dilakukan oleh pihak internal UD Zamil Afif. Dengan sistem ini pun dapat ini dapat meminimalisasi kesalahan yang terjadi dalam pemberian harga dan perhitungan jumlah total penjualan serta dapat mempermudah dalam hal database penjualan dan persediaan barang. Information System, Inventory, UMKM.

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Barang Usaha Dagang Zamil Afif
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Maskub Manggala
Perorangan
AVON BUDIYONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini