PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DENGAN PENDEKATAN VENDOR MANAGED INVENTORY (STUDI KASUS: PT. TELKOM INDONESIA KANDATEL JAKARTA UTARA

HASBI FATHONY

Informasi Dasar

112050157
658.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan teknologi CDMA bagi pengguna telepon seluler kini telah menjadi solusi tersendiri dalam berkomunikasi, dengan penawaran biaya telepon yang kian memadai. Strategi yang sedang marak dijalankan oleh beberapa operator adalah dengan menawarkan bundling perangkat telepon seluler dengan paket perdana, tidak terkecuali PT. Telkom Indonesia dengan produknya, Telkom Flexi.
Namun dalam pelaksanaannya ternyata masih memiliki beberapa kendala pada proses pengadaannya. Dalam tugas akhir ini akan dirancang sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan perancangan manajemen rantai pasok dengan pendekatan Vendor Managed Inventory (VMI).
VMI adalah pendekatan dalam manajemen rantai pasok di mana vendor memiliki kemampuan untuk mengatur tingkat persediaan yang ada pada retailer dengan berdasarkan data penjualan yang dikirimkan retailer kepada vendor melalui Electronic Data Interchange (EDI). Untuk itu dibutuhkan sebuah aplikasi pendukung dalam mengimplementasikan VMI.
Selain membutuhkan sebuah aplikasi, implementasi VMI juga membutuhkan sebuah penyesuaian penjadwalan pengiriman barang, di mana pada sistem yang sedang berjalan pengiriman barang dilakukan berdasarkan tingkat persediaan di tangan retailer, sedangkan pada implementasi VMI pengiriman barang akan berdasarkan pada periode waktu yang telah ditentukan.
Berdasarkan analisa perbandingan biaya dengan manfaat dari implementasi VMI, didapatkan angka Incremental Rate of Return (IRR) sebesar 31,39% dengan patokan tingkat suku bungan sebesar 18%, dan nilai Net Present Value (NPV) di akhir kuartal (periode) kelima bernilai positif, Rp. 5.119.000,-. Dari nilai IRR dan NPV tersebut dapat disimpulkan bahwa investasi berupa mengaplikasikan VMI dinilai cukup layak.
Vendor Managed Inventory (VMI), Supply Chain Management, Electronic Data Interchange (EDI), Incremental Rate of Return (IRR), Net Present Value (NPV).

Subjek

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DENGAN PENDEKATAN VENDOR MANAGED INVENTORY (STUDI KASUS: PT. TELKOM INDONESIA KANDATEL JAKARTA UTARA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HASBI FATHONY
Perorangan
AVON BUDIYONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini