Pengaruh Karakteristik Bisnis terhadap Kinerja Perusahaan Bidang Ekonomi Kreatif dengan Menggunakan Metode SEm ( Structural equation Modeling

Briyan Arya Putra

Informasi Dasar

112050146
658.312 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ekonomi Kreatif merupakan kegiatan ekonomi dimana input dan outputnya adalah ide . Esensi dari kreatifitas adalah ide, ide merupakan komoditas yang paling utama dalam Ekonomi kreatif. Ide yang dimaksud merupakan ide yang orisinil dan dapat diproteksi oleh HKI. Kegiatan perekonomian ini sedang marak dilakukan di berbagai penjuru dunia, kususnya di Negara-negara maju dan berkembang seperti Inggris, Jepang, Amerika, Jerman ,dll. Hasil ekspornya menjadi salah satu sektor terbesar yang dapat menutupi target pemasukan Negara. Indonesia merupakan Negara yang baru melek akan potensi bagus yang dimiliki dari sektor ini, walaupun sebenarnya sudah banyak penduduknya yang ikut terjun dalam kegiatan perekonomian ini, sehingga baru pada awal tahun 2009 ini menjadi permulaan tahun yang serius dilakukan pemerintah untuk mengembangkan sektor ini. Berbagai Program dan Kebijakan dibuat untuk membantu perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia.
Perjalanan perkembangan perusahaan bidang ekonomi kreatif tentunya tidak lepas dari pengaruh karakteristik Bisnis, penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh karakteristik bisnis bidang ekonomi kreatif yang terdiri dari kreatifitas, dukungan keuangan, dan komitmen organisasi terhadap kinerja perusahaan bidang ekonomi kreatif di Kota Bandung yang mana merupakan pusat dari industri kreatif di Indonesia.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kreatifitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tinggi rendahnya kinerja perusahaan, sedangkan dukungan keuangan dan komitmen organisasi pengaruhnya tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan. Untuk pengaruh secara simultan kreatifitas, dukungan keuangan dan komitmen organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusahaan. Untuk dukungan Keuangan secara langsung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap komitmen organisasi.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan kinerja perusahaan dan komitmen organisasi pada perusahaan bidang ekonomi kreatif dapat dilakukan dengan memberdayakan kreatifitas dan dukungan keuangan dengan baik sehingga mampu menjadi perusahaan yang eksis disektor ekonomi kreatif. Kreatifitas, Dukungan Keuangan, Komitmen Organisasi, Kinerja Perusahaan, dan SEM (Structural Equation Modeling)

Subjek

PERFORMANCE
 

Katalog

Pengaruh Karakteristik Bisnis terhadap Kinerja Perusahaan Bidang Ekonomi Kreatif dengan Menggunakan Metode SEm ( Structural equation Modeling
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Briyan Arya Putra
Perorangan
Anang Zaini Gani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini