Usulan Perbaikan Produk Mobile Wallet Telkomsel (T-Cash) Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment

Dwi KartikaSari

Informasi Dasar

112050130
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Layanan Telkomsel Cash (T-Cash) merupakan layanan mobile wallet dimana ponsel berfungsi layaknya dompet penyimpanan uang (digital cash) yang terkategori kedalam Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK). Sampai saat ini jumlah transaksi T-Cash masih cukup rendah jika dibandingkan dengan jumlah pelanggan. Olehkarena itu Telkomsel masih perlu secara terus-menerus melakukan perbaikan dan evaluasi layanan mobile wallet (T-Cash ), apalagi masih adanya keluhan-keluhan pelanggan mengenai layanan ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya merancang perbaikan produk mobile wallet yang dapat menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen.
Metode yang digunakan adalah metode QFD (Quality Function Deployment). Metode QFD dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena QFD lebih mementingkan keinginan dan kebutuhan customer berdasarkan karakteristik teknik dari produk yang dikembangkan. (Harsokoesoemo,2004 : 50). Sehingga Telkomsel dapat lebih menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Responden penelitian yang digunakan berjumlah 223 responden, dengan metode sampling yang digunakan yaitu jugment sampling. Dari hasil pengolahan data pada penelitian ini didapat 33 variabel kebutuhan pelanggan akan kualitas layanan dan 9 variabel kebutuhan tarif dan Jumlah Minimum Akses. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data yang dilakukan terhadap 33 variabel kebutuhan, 19 karakteristik teknis/technical response, 36 critical part, 52 critical process dan rekomendasi diberikan karakteristik teknik yang memiliki niai kontribusi yang tinggi. Selain itu juga didapatkan bahwa masih terdapat gap antara rata-rata tingkat kepentingan dan kepuasan pelanggan. Perbaikan produk pun mempertimbangkan product benchmark yaitu Kartu Debit Bank Central Asia
Dari hasil analisa akhirnya akan diberikan usulan perbaikan T-Cash sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas konsumen.
T-Cash, Mobile Wallet, QFD, Quality Function Deployment, Perbaikan Produk

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

Usulan Perbaikan Produk Mobile Wallet Telkomsel (T-Cash) Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dwi KartikaSari
Perorangan
Farda Hasun, Muhammad Iqbal
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini