Perancangan E-Learning Berbasis Web di Departemen Teknik Industri

Tasa Terasiani

Informasi Dasar

112050127
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Proses belajar mengajar merupakan kegiatan utama pada suatu perguruan tinggi. Keberhasilan proses belajar mengajar tidak hanya dipengaruhi dari sisi mahasiswa, tetapi juga dari sisi dosen maupun lingkungan belajar. Oleh karena itu, selain dosen dapat memberikan motivasi belajar kepada mahasiswa, sebaiknya dosen juga memperhatikan metode pengajaran yang telah dilakukan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat mengakibatkan adanya persaingan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satu diantaranya bidang pendidikan, sehingga diperlukan adanya peningkatan mutu pendidikan dengan mengintegrasikan Information and Communication Technology (ICT). Institut Teknologi Telkom dalam mencapai visinya menjadi perguruan tinggi berkelas Internasional yang menjadi unggulan di bidang Infokom dan menjadi agen perubahan dalam membentuk insane cerdas dan kompetitif perlu melakukan peningkatan proses belajar mengajar, karena proses pengajaran menjadi proses inti IT Telkom yang memberikan kontribusi financial terbesar. Tersedianya teknologi dan fasilitas yang disediakan IT Telkom memberikan peluang untuk mengembangkan sistem pembelajaran yang berbasis ICT.
Dalam tugas akhir ini dibuat suatu rancangan sistem pembelajaran yang berbasis ICT, yaitu dengan perancangan e-learning. Dalam perancangan e-learning ini, ada beberapa hal yang dilakukan. Tahap pertama adalah identifikasi dan pendahuluan, pada tahap ini dilakukan perumusan masalah, penentuan tujuan penelitian, dan perumusan kerangka pemecahan masalah. Tahap kedua adalah pembuatan model dengan melakukan pengumpulan data. Tahap ketiga adalah analisis dan perancangan sistem yang akan dibuat. Tahap keempat adalah pengembangan perangkat lunak dan evaluasi hasil. Terakhir adalah tahap kesimpulan dan saran.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa e-learning dapat dijadikan sebagai pendukung proses belajar mengajar dengan adanya fitur-fitur yang ditawarkan, yaitu pre test yang dapat memotivasi belajar mahasiswa sebelum mengikuti perkuliahan, post test yang dapat dijadikan alat ukur pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah disampaikan dosen, sharing file sebagai media untuk berbagi sumber ilmu pengetahuan, discussion forum sebagai media untuk sharing ilmu pengetahuan, dan e-library sebagai media yang menyimpan sumber pengetahuan. Dengan adanya e-learning ini diharapkan dapat memberikan motivasi belajar kepada mahasiswa dan juga dapat meningkatkan mutu proses belajar mengajar di suatu perguruan tinggi. perancangan, ICT, e-learning

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

Perancangan E-Learning Berbasis Web di Departemen Teknik Industri
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Tasa Terasiani
Perorangan
Christanto Triwibisono, Rino Andias Anugraha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini