USULAN PENJADWALAN PADA MESIN FLEXIBLE MANUFACTURING SYSTEM (FMS) UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN DENGAN MENGGUNAKAN BREAK AND BUILT METHOD

YANUAR MUHTAAT PRASTYANA

Informasi Dasar

112050119
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Dirgantara Indonesia merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang rekayasa, rancang bangun, manufaktur, dan produksi pesawat terbang. Salah satu mesin yang dipakai dalam proses produksinya adalah mesin Flexible Manufacturing system. Flexible Manufacturing System (FMS) merupakan suatu sistem manufaktur otomatis yang terdiri dari kumpulan mesin yang saling berhubungan dan sistem penyimpanan yang dikendalikan oleh komputer dalam memproduksi produk menurut jadwal yang sesuai.
Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh PT Dirgantara Indonesia dalam proses produksinya terutama untuk work centre yang menggunakan mesin Flexible Manufacturing System adalah belum adanya standar baku mengenai urutan pemrosesan job yang masuk. Selain itu, terjadinya keterlambatan pengerjaan job untuk setiap work center termasuk juga pada mesin Flexible Manufacturing System. Ditambah lagi adanya kelemahan dari metode backward yang diterapkan yaitu metode ini tidak dapat mendeteksi adanya sumber daya yang menganggur sehingga utilitas perusahaan tidak dapat maksimun.
Break and build method adalah suatu metode baru dalam proses penjadwalan yang mengabungkan antara metode penjadwalan konvensional dengan teknik optimasi dan simulasi. Dalam penelitian ini, dengan menerapkan break and built method perusahaan mampu mengurangi besarnya makespan mencapai 27,21% dari makespan eksisting. Namun, salah satu tahap dalam break and built method yaitu breaking stage tidak dapat diterapkan karena kuantitas set part sangat kecil.
Break and built method, BBM, makespan, Penjadwalan, FlexibleManufacturing System, FMS, Heuristik, SPT, FCFS.

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

USULAN PENJADWALAN PADA MESIN FLEXIBLE MANUFACTURING SYSTEM (FMS) UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN DENGAN MENGGUNAKAN BREAK AND BUILT METHOD
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YANUAR MUHTAAT PRASTYANA
Perorangan
DIDA DYAH DAMAYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini