PENGUKURAN EFEKTIVITAS MESIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) (Studi Kasus : Perusahaan Fruit Candy Indonesia)

Rizky Novitasari

Informasi Dasar

112050111
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan Fruit Candy Indonesia merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang produksi kembang gula. Perusahaan Fruit Candy Indonesia telah menerapkan Total Productive Maintenance (TPM) melalui kegiatan preventive maintenance. Namun kenyataannya di lapangan masih terdapat banyak kendala yang membutuhkan breakdown maintenance. Hal tersebut membuat terhambat jalannya proses produksi dan kinerja mesin menjadi kurang optimal. Untuk menjaga kelancaran proses produksi maka perlu meningkatkan performansi mesin dengan melakukan pengukuran Overall Equipment Effectiveness (OEE).
OEE adalah metode pengukuran efektivitas penggunaan suatu peralatan. Perhitungan OEE dilakukan pada lini produksi permen X di Perusahaan Fruit Candy Indonesia. Untuk menentukan mesin mana saja yang akan dihitung nilai OEE-nya pada lini produksi permen X maka digunakan cost of unreliability (COUR). Dari hasil COUR didapatkan mesin exterior cooker, BUSS interior cooker, forming line H, forming line C, coating 1, dan coating 2. Kemudian dihitung nilai OEE untuk tiap mesin tersebut. Berikut ini merupakan hasil dari COUR dan OEE:
Berdasarkan tabel diatas diketahui bahwa semakin besar nilai COUR maka nilai OEE-nya semakin kecil. Begitu pula sebaliknya, semakin kecil nilai COUR maka semakin besar nilai OEE-nya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil COUR sesuai dengan hasil OEE.
Nilai OEE pada lini produksi permen X adalah 47.13%. Nilai tersebut sangat jauh dari kriteria yang ditetapkan JIPM yaitu 85%. Faktor yang menyebabkan nilai OEE rendah adalah performance rate. Performance rate rendah dikarenakan nilai actual output lebih kecil dari nilai operating time. Sehingga perusahaan perlu melakukan beberapa strategi untuk meningkatkan nilai performance rate diantaranya dengan meningkatkan utilitas mesin sehingga mesin dapat bekerja lebih cepat dan dapat menghasilkan produk yang baik serta meningkatkan skill operator dengan mengadakan pelatihan-pelatihan bagi operator.
Cost of Unreliability, Overall Equipment Effectiveness

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

PENGUKURAN EFEKTIVITAS MESIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) (Studi Kasus : Perusahaan Fruit Candy Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rizky Novitasari
Perorangan
Sutrisno, Rohmat Saedudin
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini