Customer Retention Program Di PT.Indosat, Tbk Bandung Berdasarkan Evaluasi Customer Loyalty Pelanggan Prabayar

Isa Suryo

Informasi Dasar

112050091
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Indosat, Tbk wilayah Bandung sebagai salah satu penyedia jasa layanan telekomunikasi di Bandung memiliki tingkat perpindahan pelanggan (churn) yang tinggi sepanjang tahun 2008. Hal ini menimbulkan kerugian bagi pihak PT. Indosat,Tbk wilayah Bandung. Kondisi ini akan sangat merugikan dan jika hal ini terus dibiarkan, PT. Indosat,Tbk wilayah Bandung akan mengalami kemunduran. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat merumuskan suatu program retensi untuk dapat mempertahankan pelanggan Indosat wilayah Bandung yang nantinya akan berpengaruh pada peningkatan profit.
Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan prabayar Indosat. Penyebaran dilakukan dengan metode convinience sampling berdasarkan letak geografis kota Bandung. Kuesioner yang dibagikan kepada responden terdiri dari dua bagian. Bagian pertama mengenai screening dan profil umum responden. Sedangkan bagian kedua berisi pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur variabel yang telah diidentifikasi sebelumnya, yaitu customer satisfaction (kepuasan pelanggan), corporate image (citra perusahaan), switching cost (resiko berpindah), dan alternative attractiveness (daya tarik pesaing).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh corporate image, switching cost, dan alternative attractivenesss. Sedangkan customer satisfaction tidak berpengaruh terhadap customer loyalty.
Berdasarkan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, maka dibuatkan usulan program retensi. Konsep program retensi didasarkan atas framework yang dibuat oleh Berry dan Parasuraman. Dengan adanya program retensi ini, diharapkan churn akan menurun, pelanggan Indosat akan semakin loyal dan secara tidak langsung Indosat pun dapat merasakan berbagai manfaat dan keuntungan. Telepon Seluler, Customer Retention Program, Loyalitas pelanggan

Subjek

RETENTION
 

Katalog

Customer Retention Program Di PT.Indosat, Tbk Bandung Berdasarkan Evaluasi Customer Loyalty Pelanggan Prabayar
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Isa Suryo
Perorangan
Yati Rohayati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini