Penentuan Interval Waktu Perawatan Mesin Cetak GOSS Universal-50 Dengan Metode Reliability-Centered Maintenance (Studi kasus: PT Pikiran Rakyat Bandung)

Jessica Febriana

Informasi Dasar

112050076
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Pikiran Rakyat Bandung mempunyai 2 jenis mesin cetak dengan kapasitas yang berbeda, yaitu type GOSS Community dengan kapasitas cetak maksimum sampai 15.000 eksemplar dan GOSS UNIVERSAL – 50 (GU-50) dengan kecepatan cetak sampai 50.000 eksemplar/hour. Dalam penggunaan kesehariannya, mesin GOSS UNIVERSAL – 50 (GU-50) merupakan mesin cetak utama, sedangkan mesin cetak GOSS Community berfungsi sebagai cadangan. Secara garis besar, mesin cetak ini terdiri atas 6 sistem besar yaitu printing units, folder, counter, strapping, reelstand serta dampening sistem. Dampening sistem atau pembasuh. Bagian ini berfungsi sebagai semprotan aliran tinta pada plate. tinta disemprotkan ke sebuah roll yang kemudian diteruskan ke sebuah plate Koran sehingga image akan terbaca. Dampening sistem memiliki permasalahan utama yaitu jarak roll yang sering bergeser, semprotan tinta yang tidak sesuai sehingga menyebabkan proses cetak menjadi terhambat.
PT Pikiran Rakyat Bandung menerapkan kegiatan maintenance yang dilakukan saat ini hanya berupa kegiatan maintenence On Condition tanpa melakukan penggantian komponen secara terjadwal, karena hal ini maka ditemukan banyak kendala di lapangan seperti membuat waktu proses cetak seringkali lebih lama dari semestinya. Kegiatan preventive maintenance yang diterapkan PT Pikiran Rakyat Bandung berdasarkan kepada perkiraan jenis kerusakan mesin berdasarkan rekomendasi GOSS serta pengalaman. Apabila dilihat dari segi maintenance cost, perawatan eksisting memiliki jumlah frekuensi yang lebih banyak (104 dengan biaya Rp89,098,407.72) bila dibandingkan dengan usulan setelah dilakukan RCM sebanyak 84 dengan biaya Rp67,936,094. Sedangkan untuk usulan penggantian diperoleh waktu yang tepat untuk Rubber Rider Roller, Water Form Roller dan Spray Dampener Assembly adalah 532 jam, 498 jam dan 585 jam. hal ini terbukti efektif dengan kisaran biaya yang hemat ±800 juta dari perawatan eksisting. perawatan, RCM, Mesin cetak GOSS U-50

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

Penentuan Interval Waktu Perawatan Mesin Cetak GOSS Universal-50 Dengan Metode Reliability-Centered Maintenance (Studi kasus: PT Pikiran Rakyat Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Jessica Febriana
Perorangan
Sutrisno, Rochmat Saedudin
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini