Perancangan Sistem Informasi Persedioaan Bahan Baku di PMC Assembly 4W PT Indomobil Suzuki International Plant Tambun II

Ajeng Akbarini

Informasi Dasar

112050074
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Indomobil Suzuki International merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dalam industri perakitan kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Perusahaan ini memerlukan bahan baku berupa komponen-komponen kendaraan yaitu engine dan aksesoris kendaraan yang lain sehingga diperlukan pengaturan penerimaan bahan baku dari supplier serta penyuplaian bahan baku ke lantai perakitan.
Prosedur yang dilakukan dalam pengecekan dan pencatatan jumlah komponen masih memerlukan banyak waktu dan alat karena dilakukan perhitungannya dilakukan satu per satu dalam gudang, sedangkan arus perputaran bahan baku dalam gudang besar. Selain itu, belum ada pencatatan jumlah bahan baku yang keluar ke lantai perakitan untuk tiap harinya. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kesalahan perhitungan dan pencatatan stok aktual yang ada sehingga jika ada permintaan komponen dari lantai perakitan, jumlahnya bisa saja belum mencukupi ataupun sebaliknya, terlalu banyak komponen yang disimpan dalam gudang.
Dengan adanya perancangan sistem informasi persediaan bahan baku diharapkan dapat membantu perusahaan dalam melakukan pengecekan dan pencatatan stok aktual serta dapat membantu dalam melakukan pengambilan keputusan dalam melakukan pembelian bahan baku.
Perancangan sistem informasi persediaan bahan baku ini dibuat berdasarkan analisis sistem eksisting, yaitu dengan melakukan analisis terhadap proses bisnis yang ada dalam gudang bahan baku. Selain itu, dalam sistem informasi persediaan bahan baku ini dilengkapi juga dengan warning system yang memberikan informasi tentang stok aktual dan kondisi gudang berkaitan dengan kapasitas dan jumlah bahan baku yang ada serta prosedur pencarian lokasi penyimpanan bahan baku. Sistem informasi persediaan bahan baku ini juga memberikan usulan pembelian dengan memperhitungkan safety stock, reorder point, dan economic order quantity, serta memperhatikan adanya kondisi yang memungkinkan dilakukannya special order.
sistem informasi, stok aktual

Subjek

PRODUCTION
 

Katalog

Perancangan Sistem Informasi Persedioaan Bahan Baku di PMC Assembly 4W PT Indomobil Suzuki International Plant Tambun II
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ajeng Akbarini
Perorangan
Christanto Triwibisono, Mira Rahayu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini