Pengaruh Iklim Organisasi dan IT Use terhadap Hubungan Knowldege Sharing Capability dan Absorptive Capacity

Nurul Inrani Auliya

Informasi Dasar

112050072
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kompetisi bisnis pendidikan di Indonesia semakin meningkat seiring dengan berkembangnya era globalisasi. Hal tersebut terbukti dengan semakin banyaknya perguruan tinggi baru yang bermunculan dari tahun ke tahun. Jika lembaga pendidikan tinggi nasional tidak mampu merespon tantangan globalisasi ini dengan memadai, diperkirakan lembaga tersebut akan tidak mampu mempertahankan eksistensinya di masyarakat dan secara pelan tetapi pasti akan kehilanganan peranannya. Hal tersebut mengindikasikan adanya suatu tuntutan bagi para pelaku bisnis pendidikan untuk meningkatkan keunggulan bersaing yamg dimiliki, salah satu caranya adalah dengan berinovasi.
Kegiatan mengelola pengetahuan menjadi salah satu proses yang penting bagi perusahaan untuk berinovasi. Penelitian terdahulu mengutarakan bahwa aktivitas berbagi pengetahuan (knowledge sharing) merupakan fokus utama dalam mengelola pengetahuan. Disisi lain, kemampuan sesorang untuk menyerap pengetahuan (absorptive capacity) juga memegang perana penting dalam menentukan keberhasilan individu dan diduga memiliki hubungan yang dekat dengan knowledge sharing. Penelitian ini mengidentifikasi model hubungan antara aktifitas knowledge sharing and absorptive capacity dengan menggunakan variabel moderasi berupa IT use dan iklim organisasi (organizational climate) dan mengambil studi kasus pada Yayasan Pendidikan Telkom.
Data hasil pengujian menunjukkan bahwa IT use tidak memoderasi hubungan antara knowledge sharing dengan absorptive capacity, sementara organizational climate memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempengaruhi hubungan kedua hal tersebut. Pada penelitian ini juga dihasilkan dimensidimensi yang mempengaruhi hubungan antara knowledge sharing dengan absorptive capacity, yaitu knowledge donating, knowledge sharing, potential absorptive capacity, dan realized absorptive capacity. Penelitian selanjutnya dapat melakukan kajian secara khusus mengenai faktor IT use dan hubungannya dengan knowledge sharing, sehingga penyebab mengapa faktor tersebut tidak memoderasi dapat diidentifikasi.
Knowledge Sharing, Absorptive Capacity, IT use, Organizational Climate.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

Pengaruh Iklim Organisasi dan IT Use terhadap Hubungan Knowldege Sharing Capability dan Absorptive Capacity
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nurul Inrani Auliya
Perorangan
Luciana Andrawina, Marina Yustina Lubis
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini