Perancangan Sistem Informasi Rekonsiliasi Pencatatan Aktiva Tetap dengan Metode Waterfall di IT Telkom

Fita Oktiani

Informasi Dasar

112050056
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rekonsiliasi atau pencocokan catatan aktiva tetap merupakan salah satu proses penting untuk mendukung proses audit laporan keuangan di Institut Teknologi Telkom. Proses tersebut menghasilkan daftar inventarisasi aktiva tetap yang digunakan sebagai bukti nyata nilai rupiah rekening aktiva tetap yang tercantum pada neraca keuangan. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dirancang suatu sistem informasi rekonsiliasi dengan catatan aktiva tetap sebagai input dari sistem.
Dalam merancang sistem informasi rekonsiliasi, pemecahan masalah terbagi dalam lima tahap yaitu identifikasi, informasi, analisis, perancangan sistem, dan kesimpulan dan saran. Perancangan sistem dimulai dengan menganalisis proses bisnis eksisting yang berkaitan dengan pencatatan aktiva tetap dan rekonsiliasi. Berdasarkan analisis dapat diidentifikasi kekurangan sistem eksisting yaitu format pencatatan aktiva tetap yang tidak seragam, proses rekonsiliasi dilaksanakan jika dirasa perlu sehingga tidak terjadwal secara pasti, dan pelaksanaan proses rekonsiliasi yang manual sehingga membutuhkan waktu lama. Dari kekurangan sistem tersebut dapat ditentukan bagaimana merancang sistem informasi usulan yang dapat memperbaiki sistem eksisting.
Sistem informasi dirancang dengan aplikasi berbasis website. Setiap user memiliki id dan password sehingga sistem hanya dapat diakses oleh user tertentu. Rekonsiliasi dilakukan oleh sistem sehingga setiap unit tidak perlu mencetak catatan dan bertemu dalam satu ruang khusus untuk pencocokan manual. Rekonsiliasi dijadwalkan triwulan sekali dengan tujuan meminimasi perbedaan catatan aktiva tetap dan perbaikan kesalahan pencatatan serta meminimasi penumpukkan catatan. Tujuan rekonsiliasi adalah membuat daftar inventarisasi aktiva tetap meliputi harga perolehan dan besarnya depresiasi. Sistem informasi menghasilkan laporan baik bagi level operasional maupun manajerial meliputi laporan perbedaan dan persamaan catatan, nilai buku, laporan hasil rekonsiliasi, pelaksanaan rekonsiliasi, dan realisasi penyerapan anggaran tahunan.
Kesimpulan dari perancangan sistem informasi rekonsiliasi ini adalah dengan penerapan sistem maka format pencatatan aktiva tetap lebih seragam dan teratur, proses rekonsiliasi terjadwal dan lebih cepat karena dilakukan oleh sistem. Selain itu, sistem informasi menghasilkan laporan yang dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan baik level operasional maupun manajerial. Kata kunci : Rekonsiliasi, Aktiva Tetap, Sistem Informasi Rekonsiliasi

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

Perancangan Sistem Informasi Rekonsiliasi Pencatatan Aktiva Tetap dengan Metode Waterfall di IT Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fita Oktiani
Perorangan
Hendratno, Christanto Triwibisono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini