perancangan sistem informasi perparkiran berbasis barcode reader di fasilitas parkir kendaraan bemotor (studi kasus : IT Telkom)

achmad husnur rofiq

Informasi Dasar

112050037
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sarana perparkiran kendaraan bermotor di lingkungan kampus Institut Teknologi Telkom merupakan salah satu fasilitas yang masih dikembangkan dalam mencapai World Class University. Perbaikan fasilitas parkir tidak hanya mencakup peningkatan fasilitas tetapi juga perbaikan dalam hal parking management. Saat ini IT Telkom memiliki beberapa lokasi perparkiran kendaraan yang terpisah menurut jenis kendaraan roda dua dan roda empat. Dalam pelaksanaan kegiatan operasional perparkiran kendaraan motor terdapat beberapa masalah yang dialami oleh pihak internal perparkiran maupun eksternal perparkiran. Berikut adalah beberapa masalah yang sering terjadi di lingkungan perparkiran motor berdasarkan pendapat mahasiswa IT Telkom: Karcis parkir yang sering hilang, terjadi ketidakteraturan parkir, gerbang keluar dan masuk sering dijadikan satu jalan sehingga mobilitas kendaraan sering terhalang, dan keluar masuknya kendaraan masih menggunakan proses pencatatan di atas kertas. Permasalahan yang timbul diatas intinya berasal dari kurang diterapkannya parking management dimana dalam menerapkan parking management yang baik harus memperhatikan beberapa aspek seperti: parking regulation, parking facility and operation, overflow parking plan, dan perancangan peningkatan kapasitas parkir di lingkungan lapangan parkir IT Telkom.
Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem informasi perparkiran sesuai dengan analisa perbaikan proses bisnis dengan menggunakan metode Business Process Reengineering. Pendekatan yang digunakan dalam perbaikan dengan metode ini adalah kertas bersih (clean sheet) dimana secara fundamental memikirkan kembali cara memberikan pelayanan yang lebih baik dan merancang proses-proses perparkiran baru dengan memperhatikan aspek parking management.
Perancangan sistem informasi perparkiran IT Telkom ini menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau barcode label sebagai karcis masukknya dan database yang menyimpan data kendaraan. Sistem informasi perparkiran IT Telkom dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan perparkiran, membantu menjalankan kegiatan operasional perparkiran kendaraan, dan meningkatkan pelayanan perparkiran di kampus IT Telkom. Penggunaan sistem informasi perparkiran juga dapat memberikan outcome yaitu dapat memberikan jaminan keamanan bagi pengguna, dapat menampung kendaraan saat jam kerja, dan memberikan kenyamanan dan ketertiban di lingkungan perparkiran IT Telkom. Sistem Informasi Parkir, barcode reader.

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

perancangan sistem informasi perparkiran berbasis barcode reader di fasilitas parkir kendaraan bemotor (studi kasus : IT Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

achmad husnur rofiq
Perorangan
Avon Budiyono, Riza Agustiansyah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini