PERANCANGAN SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION (SCADA) BERBASIS CLIENT SERVER DENGAN MEMANFAATKAN INDUSTRIAL APPLICATION SERVER (IAS)

ANGGA WIDI FITRIANTO

Informasi Dasar

112050019
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) adalah salah satu hasil dari pengintegrasian komponen otomasi yang digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses yang terjadi di lapangan. SCADA mampu menyajikan informasi dan kontrol secara realtime, sehingga memberi kemudahan bagi penggunanya.
Saat ini SCADA sudah banyak diimplementasikan perusahaan sebagai alat untuk mengontrol dan memonitor proses. Salah satu SCADA yang digunakan adalah Wonderware Intouch. Dalam pengimplementasiannya, SCADA masih diimplementasi secara standalone dalam arti satu SCADA satu personal computer (PC).
Berdasarkan wawancara dengan vendor software SCADA Wonderware, SCADA tepat diimplementasi secara standalone jika proses masih sederhana. Apabila proses sudah menjadi kompleks dan mencakup area yang luas (antar cabang), maka akan terjadi ketidakefisiensian pada penggunaan Tagname (identitas variable yang digunakan dalam pemrograman) yang berakibat pada realibilitas SCADA.
Penelitian ini akan memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut. Perancangan sistem Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) berbasis Client Server dengan memanfaatkan Industrial Applicatian Server (IAS) adalah pemecahan masalah yang ditawarkan pada masalah tersebut. Dalam perancangan sistem tersebut, diawali dengan mengetahui proses eksisting MPS Pick and Place dan Testing sebagai studi kasus. Dilanjutkan dengan melakukan rancangan skenario dan konfigurasi IAS. Dengan melakukan perancangan sistem SCADA berbasis client server memanfaatkan IAS dapat dilakukan solusi perbaikan pada sistem standalone.
Hasil dari penelitian ini adalah sistem SCADA berbasis Client Server dengan memanfaatkan IAS yang berhasil dirancang. Pada simulasi, user dapat melakukan pengendalian dan pengawasan stasiun penggilingan dari masing masing Personal Computer sebagai client. User juga dapat melakukan pengawasan dan pengendalian secara keseluruhan serta melakukan maintenance dan meningkatkan kinerja SCADA. Sistem SCADA berbasis Client Server juga mampu memberikan report pada setiap proses yang terjadi di MPS Pick and Place dan Testing baik secara kedaerahan maupun terpusat. Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA), Industrial Application

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

PERANCANGAN SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION (SCADA) BERBASIS CLIENT SERVER DENGAN MEMANFAATKAN INDUSTRIAL APPLICATION SERVER (IAS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGGA WIDI FITRIANTO
Perorangan
Haris Rachmat, Rino Andias Anugraha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini