PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PRAKTIKUM DENGAN METODE WATERFALL DI LABORATORIUM ANALISIS PERANCANGAN KERJA DAN ERGONOMI

OEMMY RAMADHANY

Informasi Dasar

112050015
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Praktikum Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi ( APK & E) adalah salah satu mata kuliah praktikum di Departemen Teknik Industri IT Telkom. Dalam pelaksanaan praktikum, penentuan jadwal praktikum merupakan hal yang sangat penting. Hal ini karena jadwal praktikum harus disesuaikan dengan jadwal kuliah agar menghindari terjadinya benturan jadwal bagi praktikan. Namun, pada pelaksanaannya masih sering terjadi adanya kesamaan antara jadwal praktikum dengan jadwal kuliah praktikan. Selain itu, masalah lain yang terjadi adalah pelaksanaan input jadwal oleh praktikan yang membutuhkan waktu lama. Hal ini disebabkan oleh sistem input jadwal praktikum yang masih manual.
Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem informasi penjadwalan praktikum di Laboratorium APK & E dengan menggunakan metode waterfall. Terdapat tiga parameter yang menjadi variabel keputusan dalam formulasi linear programming untuk menentukan jadwal praktikum yang optimal. Parameter tersebut adalah kelas praktikan, hari praktikum, dan shift praktikum. Maka dihasilkan 360 buah variabel yang menjadi variabel keputusan dengan fungsi tujuan maksimasi jadwal kosong yang dimiliki oleh praktikan. Hasilnya, terdapat 16 shift jadwal praktikum yang optimal serta alokasi untuk masing-masing kelompok praktikan disetiap masing-masing shift.
Sistem informasi penjadwalan praktikum di Laboratorium APK & E dapat digunakan untuk input jadwal praktikum secara online sehingga lebih mudah dan cepat. Hal ini terjadi karena sistem dapat melakukan verifikasi terhadap praktikan yang akan melakukan input jadwal dengan mencocokkan pada database. Penggunaan sistem informasi penjadwalan praktikum ini juga mendukung kegiatan praktikum secara menyeluruh. Hal ini karena informasi mengenai praktikum yang terkait dengan asisten, praktikan, dan pembina dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan dapat diakses secara realtime.

Praktikum Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi, linear programming, waterfall, sistem informasi penjadwalan.

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PRAKTIKUM DENGAN METODE WATERFALL DI LABORATORIUM ANALISIS PERANCANGAN KERJA DAN ERGONOMI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

OEMMY RAMADHANY
Perorangan
CHRISTANTO TRIWIBISONO, DODY HARTANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini