PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PROSES TRANSAKSI BERBASIS RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (Studi Kasus : unkl347 Bandung)

Manuel Santos Oloti

Informasi Dasar

112047124
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Proses transaksi merupakan titik temu terjadinya kesepakatan antara produsen dan konsumen. Proses transaksi perlu dikelola dengan baik dan teratur agar timbul kepuasan antara kedua belah pihak. Outlet unkl347 di Jl. Trunojoyo No.4 Bandung yang merupakan salah satu lokasi pemasaran produk perusahaan yang bergerak di bidang clothing ini perlu memperbaiki proses transaksi agar lebih efektif dan efisien. Selama proses transaksi berlangsung, tidak terintegrasinya kasir dan gudang toko menyebabkan proses transaksi berlangsung lama, yang pada saat-saat tertentu menyebabkan outlet harus memberlakukan sistem open-close di pintu masuk akibat banyaknya jumlah pelanggan dalam antrian dan yang terus berdatangan. Hal tersebut menyebabkan sejumlah pelanggan yang baru datang mencari alternatif lain untuk berbelanja.
Sistem informasi proses transaksi yang dirancang pada penelitian ini menggunakan teknologi RFID. Radio Frequency Identification (RFID) adalah sebuah teknologi pengenalan atau identifikasi objek secara otomatik dengan menggunakan media penyimpanan data yang disebut RFID tag. RFID reader yang ditempatkan di kasir membaca RIFD tag yang dibawa oleh pelanggan, kemudian sistem informasi akan meneruskan informasi pesanan produk ini ke gudang toko. Dengan terintegrasinya kasir dan gudang toko, proses transaksi berlangsung lebih cepat.
Sistem hasil rancangan memberikan beberapa kelebihan dibanding sistem semula. Secara fungsional, sistem tersebut dapat mempermudah pengguna khususnya kasir outlet unkl347 dalam proses penyampaian pesanan produk pelanggan ke gudang toko. Proses Transaksi, Radio Frequency Identification.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PROSES TRANSAKSI BERBASIS RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (Studi Kasus : unkl347 Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Manuel Santos Oloti
Perorangan
Rohmat Saedudin, Riza Agustiansyah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini