Perancangan Alat Ukur Kinerja Sumber Daya Manusia Dengan Metode HR Scorecard di PT. Wapoga Mutiara Timber, Biak. Papua

Kriswikanthi Nucifera Wardhani

Informasi Dasar

112041025
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Wapoga Mutiara Timber, Biak sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkayuan di Indonesia dan merupakan grup HPH (Hak Penguasaan Hutan), saat ini sedang menghadapi persaingan yang ketat dengan perusahaan yang bergerak di bidang perkayuan lainnya. Persaingan ini men untut PT. Wapoga Mutiara Timber untuk memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Selama ini PT. Wapoga Mutiara Timber telah melakukan pengukuran kinerja SDM, namun departemen Human Resource PT. Wapoga Mutiara Timber belum memiliki sistem pengukuran kinerja yang komprehensif untuk mengukur kinerjanya secara keseluruhan. Pengukuran yang dilakukan PT. Wapoga Mutiara Timber dirasa kurang lengkap karena terfokus pada pengukuran individu.
Salah satu metode pengukuran kinerja SDM yang berkembang saat in i adalah metode HR Scorecard, yaitu sistem pengukuran yang menghubungkan antara pekerja, strategi perusahaan, dan kinerja melalui empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelaj aran dan pertumbuhan. Pengukuran kinerja SDM PT.Wapoga Mutiara Timber dilakukan setelah sistem pengukurannya dirancang terlebih dahulu. Proses perancangan ini melalui beberapa tahapan, yaitu wawancara, diskusi, identifikasi tolok ukur keberhasilan, dan pembobotan tolok ukur keberhasilan.
Produktivitas Pegawai 36,14%
Pengukuran kinerja SDM secara keseluruhan dilakukan dengan terlebih dulu menghitung kinerja masing - masing perspektif. Hasil perhitungan kinerja tiap perspektif adalah sebagai berikut: 1. Perspektif Keuangan mencapai hasil 4,57 (Sangat Baik) 2.Perspektif Pelanggan mencapai hasil 4,67 (Sangat Baik) 3.Perspektif Proses Bisnis Internal mencapai hasil 3,80 (Baik) 4.Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan mencapai hasil 3,79 (Baik) Nilai kinerja SDM PT.PDUT adalah 4,26 dan termasuk dalam kategori baik.
HR Scorecard, Kinerja SDM,

Subjek

Human resources
 

Katalog

Perancangan Alat Ukur Kinerja Sumber Daya Manusia Dengan Metode HR Scorecard di PT. Wapoga Mutiara Timber, Biak. Papua
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Kriswikanthi Nucifera Wardhani
Perorangan
Marina Yustiana Lubis, Mumu Natapriatna
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini