PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA SDM DENGAN METODE HR SCORECARD DI PT PUTRI DAYA USAHATAMA,BANDUNG

Ika Setianingsih

Informasi Dasar

112041008
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Putri Daya UsahaTama (PT.PDUT), Bandung sebagai perusahaan distribusi di Indonesia saat ini sedang menghadapi persaingan yang ketat dengan perusahaan distribusi lainnya. Persaingan ini menuntu PT. PDUT untuk memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.Keadaan ini membuat PT.PDUT harus selalu mengetahui kinerja SDM yang dimilikinya secara berkala. Selama ini telah dilakukan pengukuran kinerja SDM, namun pengukuran ini dirasa kurang lengkap karena terfokus pada pengukuran individu, sedangkan yag dibutuhkan adalah suatu instrumen manajemen strategis yang sistematis yang menawarkan langkah-langkah penting guna mengukur kinerj SDM, mengetahui bagaimana kontribusi SDM terhadap kinerja organisasi, mengelola strategis sumber daya manusia, dan membuat peluang bagi SDM untuk mengembangkan peranannya sebagai sebuah aset bisnis yang strategis. Dengan mempertimbangkan masalah-masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tolok ukur – tolok ukur yang mampu merepresentasikan kinerja SDM dan mengukur kinerja SDM PT.PDUT dengan metode HR Scorecard.
Salah satu metode pengukuran kinerja SDM yang berkembang saat ini adalah metode HR Scorecard, yaitu sistem pengukuran yang menghubungkan antara pekerja, strategi,perusahaan, dan kinerja melalui empat perspektif, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.Pengukuran kinerja SD PT.PDUT dilakukan setelah sistem pengukurannya dirancang terlebih dahulu. Proses perancangan ini melalui beberapa tahapan, yaitu: wawancara, diskusi, identifikasi tolok ukur keberhasilan, dan pembobotan tolok ukur keberhasilan.
Perancangan sistem pengukuran kinerja SDM menghasilkan 18 tolok ukur keberhasilan yang berpengaruh terhadap kinerja SDM perusahaan. Besarnya pengaruh tolok ukur tersebut bergantung pada besarnya tolok ukur tersebut. Tolok ukur yang memiliki bobot terbesar pada setiap perspektif, akan menjadi tolok ukur utama atau tolok ukur yang menjadi tujuan utama dari dibangunnya pengukuran terhadap sebuah perspektif yang kemudian disebut sebagai key performance indicator. Key performance indicator untuk setiap perspektif adalah sebagai berikut:
Pengukuran kinerja SDM secara keseluruhan dilakukan dengan terlebih dulu menghitung kinerja masing-masing perspektif. Hasil perhitungan kinerja tiap perspektif adalah sebagai berikut: 1. Perspektif Keuangan mencapai hasil 2,890 (Kurang) 2.Perspektif Pelanggan mencapai hasil 3,950 (Cukup Baik) 3.Perspektif Proses Bisnis Internal mencapai hasil 4,040 (Cukup Baik) 4.Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan mencapai hasil 4,320 (Baik) Nilai kinerja SDM PT.PDUT adalah 3,979 dan termasuk dalam kategori cukup baik. Kinerja SDM, HR Scorecard, Tolok Ukur Utama

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA SDM DENGAN METODE HR SCORECARD DI PT PUTRI DAYA USAHATAMA,BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ika Setianingsih
Perorangan
Marina Yustiana Lubis, Samsul Budiarto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini