PERANCANGAN SISTEM PENGHEMAT ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN BUILDING AUTOMATION SYSTEM (BAS) DI POLITEKNIK TELKOM BANDUNG

ERY VITA PRAMUMARDANI

Informasi Dasar

112040082
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bagi suatu gedung yang menjadi pusat aktivitas manusia, seperti Politeknik Telkom, energi listrik tentunya akan menjadi kebutuhan primer. Sejalan dengan kenaikan tarif BBM yang memicu kenaikan tarif listrik menjadi pertimbangan untuk dilakukannya penghematan listrik di Politeknik Telkom. Building Automation System (BAS) adalah salah satu solusi yang dapat digunakan untuk melakukan fungsi penghematan tersebut. BAS secara otomatis akan mengendalikan pemakaian listrik menjadi lebih efisien dengan cara mengurangi jam-jam pemakaian listrik tidak produktif yang biasanya dikarenakan oleh kelalaian user untuk mematikan kembali alat-alat elektronik ketika sudah tidak lagi digunakan.
Dalam perancangannya BAS merupakan integrasi antara Programmable Logic Controller (PLC), Human Machine Interface (HMI), dan Basis Data. PLC digunakan sebagai pengendali sistem dan HMI digunakan untuk menjembatani komunikasi user dengan sistem. HMI juga dapat digunakan untuk pemantauan dan pengontrolan kerja sistem. Sedangkan basis data digunakan untuk memberikan report dari sistem. Perancangan sistem dibuat disesuaikan dengan kondisi penggunaan ruangan pada umumnya sehingga tidak akan mengganggu user dalam menggunakan listrik. Hal-hal yang menjadi dasar perancangan adalah efisiensi pemakaian listrik dengan parameter waktu, keadaan ruangan, serta kebutuhan pengguna. Untuk itu dibutuhkan suatu skenario yang dapat digunakan untuk pengaturan penggunaan listrik setiap harinya. Sistem juga memberikan keleluasaan kepada user untuk menggunakan listrik apabila ada aktivitas lain di luar jam-jam yang telah diatur dalam skenario tersebut.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Building Automation Sustem yang telah dirancang dapat melakukan fungsi penghematan listrik dengan cara mengurangi jam-jam yang tidak produktif akibat kelalaian. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai efisiensi waktu penggunaan listrik yang meningkat dari 62,51% menjadi 78,53%. BAS memberikan kemudahan bagi user untuk melakukan pemantauan, pengendalian dan pelaporan secara real time dan historical.
Penghematan Listrik, BAS, PLC, HMI.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PENGHEMAT ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN BUILDING AUTOMATION SYSTEM (BAS) DI POLITEKNIK TELKOM BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERY VITA PRAMUMARDANI
Perorangan
HARIS RACHMAT, CHRISTANTO TRIWIBISONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini