Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang ynag Dilengkapi SMS Gateway di UD Terus Jaya

Ida Bagus Widnya Dwi Prawangsa

Informasi Dasar

112040072
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berkembangnya Teknologi Informasi (IT) secara pesat memberikan banyak keunggulan kompetitif bagi perusahaan, seperti misalnya memudahkan dan mempercepat proses pengawasan persediaan barang bagi perusahaan distributor, dan tentunya lebih akurat. Persaingan antar perusahaan distributor untuk customer goods sangat ketat diakibatkan oleh banyaknya kompetitor. Selain persaingan dengan kompetitor perusahaan harus berupaya memenuhi permintaan kebutuhan konsumen tepat waktu dan jumlahnya sesuai dengan keinginan konsumen. Untuk itu perusahaan harus berupaya dalam meningkatkan kualitas pengawasan persediaan barangnya agar mengurangi kemungkinan terjadinya kondisi out of stock dan mempercepat respon ketika ada permintaan pelanggan, dan ditambah lagi dengan supplier yang tidak selalu dapat menyediakan barang yang dibutuhkan distributor, dalam kasus ini adalah UD. Terus Jaya.
Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini penulis membuat sistem informasi persediaan barang yang dilengkapi SMS Gateway sebagai upaya untuk memecahkan kondisi out of stock tersebut bagi UD.Terus Jaya.
Dalam pembuatan sistem informasi ini, ada beberapa hal yang dilakukan untuk memecahkan masalah. Tahapan dibagi menjadi 5 tahap yaitu Tahap Studi Awal, Tahap Inisialisasi, Tahap Perancangan, Tahap Pengujian dan Analisis, dan Tahap Kesimpulan dan Saran. Tahap Studi Awal meliputi perumusan masalah, penentuan tujuan, dan pembatasan masalah. Kemudian pada tahapan inisialisasi dilakukan studi mengenai metode yang digunakan, kondisi lapangan eksisting, dan analisis terhadap sistem eksisting. Setelah dilakukan analisis maka tahap selanjutnya adalah perancangan sistem informasi yang dilengkapi SMS Gateway. Tahap selanjutnya adalah Pengujian dan analisis untuk mengetahui apakah sistem yang dirancang sudah sesuai dengan tujuan awal dan analisis terhadap kinerja sistem tersebut, dan terakhir adalah tahap kesimpulan dan saran.
Sistem informasi persediaan barang yang dilengkapi SMS Gateway ini telah mampu mendukung perhitungan yang diperlukan untuk manajemen persediaan barang UD. Terus Jaya dan memberikan notifikasi otomatis ke Supplier barang-barang yang jumlahnya berada di bawah Reorder Point. Aplikasi ini dibuat dengan interface yang interaktif, menu yang user friendly, dan fasilitas yang cukup lengkap.
Dari penelitian dan perancangan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa sistem mampu memberikan bantuan dalam manajemen persediaan barang dan sebagai media bagi Supplier untuk mengetahui kondisi persediaan barang UD. Terus Jaya. Dengan pengembangan lebih lanjut, diharapkan sistem mampu meningkatkan service level di mata konsumen dan profit perusahaan. Reorder Point, SMS Gateway, Sistem Informasi, out of stock

Subjek

PRODUCTION
 

Katalog

Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang ynag Dilengkapi SMS Gateway di UD Terus Jaya
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ida Bagus Widnya Dwi Prawangsa
Perorangan
Haris Rachmat, Dody Hartanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini