PENGUKURAN PERFORMANSI PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DI PT. PUTRI DAYA USAHATAMA BANDUNG

HANI KURNIATI

Informasi Dasar

112040071
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Putri Daya Usahatama merupakan sebuah perusahaan bagian dari INDOFOOD GROUP yang pertama kali didirikan oleh Bapak Pasaribu pada 20 Oktober 1978 dengan alamat Jalan Terusan Pasir Koja No. 142 Bandung. Perusahaan ini bergerak dibidang distribusi yaitu distribusi berbagai macam produk dari INDOFOOD.
Dalam usaha melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas perusahaan, PT. Putri Daya Usahatama perlu melakukan pengukuran terhadap performansi perusahaan. Pada saat ini PT. Putri Daya Usahatama telah melakukan pengukuran dengan cara melihat dari Net sales value per tahun dan besarnya nilai barang rusak yang dikembalikan oleh customer setiap tahunnya. Pengukuran dengan cara tersebut tidak secara menyeluruh menilai aspek yang ada pada perusahaan sehingga pengukuran yang dilakukan kurang terintegrasi pada aspek yang dapat meningkatkan performansi perusahaan.
Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan pengukuran performansi PT. Putri Daya Usahatama dengan menggunakan metode yang dapat mengintegrasikann seluruh aspek yang terkait dalam perusahaan yaitu metode Balanced Sscorecard. Metode ini mengukur performansi perusahaan berdasarkan empat perspektif yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan sehingga dapat diperoleh pencapaian tujuan perusahaan yang lebih efektif dan terintegrasi.
Proses pengukuran performansi PT. Putri Daya Usahatama diawali dengan penjabaran visi, misi dan strategi perusahaan kedalam sasaran strategis, faktor kritis penentu sukses serta indikator keberhasilan perusahaan. Proses selanjutnya yaitu pembobotan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) kemudian proses terakhir yaitu pengukuran performansi PT. Putri Daya Usahatama.
Evaluasi performansi PT. Putri Daya Usahatama menghasilkan 28 buah indikator keberhasilan yang berpengaruh terhadap performansi perusahaan. Besarnya pengaruh indikator keberhasilan perusahaan bergantung pada besarnya bobot indikator tersebut.
Pengukuran performansi keseluruhan dilakukan dengan menghitung nilai performansi tiap perspektif. Dimana nilai performansi PT. Putri Daya Usahatama secara keseluruhan untuk tahun 2008 yaitu 3.80918 dengan kategori penilaian Cukup. Kata Kunci : Balanced Scorecard, Analytical Hierarchy Process (AHP)

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PENGUKURAN PERFORMANSI PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD DI PT. PUTRI DAYA USAHATAMA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANI KURNIATI
Perorangan
MARINA YUSTIANA LUBIS, SAMSUL BUDIARTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini