EVALUASI KELAYAKAN USAHA NETCYBER (Studi Kasus : PT Alpha Multimedia Technology Di Kecamatan Pondok Gede Bekasi)

Andi Aulia Rahman

Informasi Dasar

112040060
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era globalisasi sekarang ini, informasi yang cepat dan akurat merupakan suatu kebutuhan utama dari masyarakat. Dari sekian banyak sumber informasi yang ada, internet merupakan sumber informasi paling lengkap dan up to date. Dari data AJPII (Asosiasi Jasa Penyelenggara Internet Indonesia), dapat dilihat peningkatan jumlah pemakai internet dari tahun ke tahun, sedangkan peningkatan jumlah pemakai internet tidak diimbangi jumlah pelanggan internet.
Berdasarkan informasi diatas PT. Alpha Multimedia Technology menawarkan sebuah layanan NetCyber kepada masyarakat dengan menggunakan teknologi wireless, namun untuk menggunakan teknologi wireless membutuhkan biaya perangkat awal yang besar yang biasa dibebankan kepada biaya registrasi, sedangkan penyedia jasa internet yang menggunakan teknologi lain seperti ADSL dan 3G tidak membutuhkan biaya perangkat yang besar, sehingga biaya registrasi operator lain lebih ringan, oleh karena itu untuk bersaing di pasar PT. Alpha Multimedia Technology harus menutupi biaya perangkat tersebut. Untuk itu PT. Alpha Multimedia Technology membutuhkan riset mengenai kelayakan usaha NetCyber ini.
Pengujian aspek pasar ditempuh melalui survey, alat penelitian berupa kuisioner guna mengetahui berapa pasar potensial, pasar tersedia dan pasar sasaran dari layanan NetCyber.. Untuk pengujian dari aspek teknis dan finansial digunakan data sekunder yang diperoleh dari PT. Alpha Multimedia Technology dan sumber lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar potensial layanan NetCyber sebesar 64,29% yang diperoleh berdasarkan tingkat keminatan responden terhadap layanan tersebut. Untuk pasar tersedia berdasarkan variabel tingkat kemampuan, akses, daya beli terhadap layanan adalah 45,24% dari pasar potensial dan pasar sasaran adalah 2,21% dari pasar tersedia. Untuk hasil perhitungan menurut parameter penilaian investasi, maka la yanan NetCyber ini layak dengan nilai NPV Rp. 227.989.058.,IRR 79,56% dan PBP adalah 2.34 tahun NetCyber, evaluasi kelayakan, internet, pasar, keuangan

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

EVALUASI KELAYAKAN USAHA NETCYBER (Studi Kasus : PT Alpha Multimedia Technology Di Kecamatan Pondok Gede Bekasi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andi Aulia Rahman
Perorangan
Budi Praptono, Rohmat Saedudin
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini