USULAN PERBAIKAN KINERJA KEUANGAN PT. INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DU-PONT

RATNA DWI PUSPITA

Informasi Dasar

112040054
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan keuangan merupakan hasil pengumpulan dan pengolahan data keuangan yang sangat berperan dalam membantu para pemakai baik itu investor dan para pelaku pasar modal lainnya dalam menilai kinerja perusahaan. Salah satu alat analisis atas laporan keuangan adalah dengan menggunakan analisis Du-Pont. Analisis mengintegrasikan pos-pos di dalam laporan keuangan. Walaupun masih jarang digunakan namun teknik analisis ini dapat memberikan gambaran yang lebih dalam atau detail bagi publik tentang kinerja keuangan suatu perusahaan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggunaan teknik analisis bentuk Du-Pont dalam menilai kemampuan atau kinerja suatu perusahaan dari tahun ke tahun agar dapat diketahui kelebihan dan kekurangan perusahaan tersebut. Oleh karena itu penulis memilih judul “Usulan Perbaikan Kinerja Keuangan PT. Industri Telekomunikasi Indonesia Dengan Menggunakan Metode Du-Pont”.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan selama kurun waktu empat tahun dari tahun 2004 hingga 2007. Laporan keuangan tersebut adalah milik PT. Industri Telekomunikasi Indonesi (Persero). Metode analisis yang digunakan adalah Du-Pont dimana dalam analisis ini pendekatannya lebih integratif dan menggunakan komposisi laporan keuangan sebagai elemen analisisnya.
Berdasarkan analisis laporan keuangan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) dari tahun 2004 - 2007, tingkat ROE dan ROI selama 4 tahun selalu mengalami penurunan. Kerugian yang dialami perusahaan selama empat tahun yaitu 2004 - 2007 membuat nilai ROE dan ROI selalu turun. Total biaya juga masih terbilang tinggi sehingga laba usaha yang dihasilkan juga masih rendah jika dibandingkan perusahaan pesaing.
Dalam rangka untuk terus dapat memaksimalkan nilai perusahaan melalui peningkatan ROE dan ROI, perusahaan hendaknya melakukan beberapa perbaikan dalam kinerjanya. Perbaikan tersebut antara lain mengurangi biaya yang dikeluarkan agar dapat ditekan seminimal mungkin, sehingga laba usaha yang dihasilkan juga bisa lebih besar lagi. Kemudian berusaha untuk meningkatkan terus pendapatannya dengan menguasai lebih banyak lagi pangsa pasar. Oleh karena itu, apabila pangsa pasar bisa naik posisinya, maka pendapatan yang dihasilkan akan lebih besar lagi.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para pembaca dan investor dalam membandingkan kinerja perusahaan lainnya. Analisis Du-Pont

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN KINERJA KEUANGAN PT. INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DU-PONT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RATNA DWI PUSPITA
Perorangan
FARDA HASUN, RATNA SARI DEWI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini