identifikasi kesenjangan kompetensi dosen teknik industri IT Telkom

winanda kartika

Informasi Dasar

112040047
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perubahan status IT Telkom dari Sekolah Tinggi Teknologi Telkom menjadi Institut membawa pada kondisi baru yang melahirkan kebutuhan baru bagi IT Telkom untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kompetensi salah satu elemen yang paling penting IT Telkom yaitu dosen yang berfungsi sebagai pengajar.
Berdasarkan model kompetensi generik Helping & Human Service Workers dari Spencer & Spencer ada 14 kompetensi yang menjadikan seseorang sukses dalam pekerjaannya termasuk pekerjaan sebagai dosen. Kompetensi tersebut adalah Initiative(INT), Interpersonal Understanding (IU), Customer Service Orientation (CSO), Impact and Influence (IMP), Developing others (DEV), Directivenes (DIR ), Team work (TW), Analiytical Thinking (AT ), Conceptual Thinking(CT), Expertise(EXP), Self Control (SCT), Self Confidence (SCF), Flexibility (FLEX), Organization Commitment (OC).
Dalam penelitian ini dilakukan pengukuran kompetensi dosen dengan menggunakan kompetensi dosen sebagai pengajar dengan mengadaptasi model kompetensi Spencer sebagai alat ukurnya yang kemudian dituangkan dalam bentuk kuesioner. Kuesioner diberikan kepada dosen yang menjadi sampel penelitian yaitu dosen Teknik Industri IT Telkom.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa kompetensi dosen Teknik Industri saat ini sudah memenuhi standar yang diharapkan. Kompetensi tersebut adalah Directivenes (DIR), Team work (TW), Analiytical Thinking (AT ), Conceptual Thinking(CT), Expertise(EXP), sedangkan untuk kompetensi Initiative(INT), Interpersonal Understanding (IU), Customer Service Orientation (CSO), Impact and Influence (IMP), Self Control (SCT), Self Confidence (SCF), Flexibility (FLEX), Organization Commitment (OC) masih belum memenuhi standar yang diharapkan sehingga terjadi kesenjangan terhadap kompetensi ini. Usulan pengembangan kompetensi yang diberikan berupa program pelatihan yang dikembangkan Spencer antara lain Self-Development Resourese Guide, Development Centers, Computer - and Interactive Video-Assisted Training, External Development Activities, dan Organizational Structure, Process, dan Culture Interventions.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang kompetensi yang dimiliki oleh dosen Teknik Industri saat ini sehingga dapat menjadi bahan masukan baik bagi departemen Teknik Industri maupun IT Telkom untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dosennya sehingga IT Telkom memiliki kualitas dosen yang lebih baik dari sebelumnya. kompetensi model Spencer, dosen, program

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

identifikasi kesenjangan kompetensi dosen teknik industri IT Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

winanda kartika
Perorangan
Husni Amani, Marina Y.Lubis
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini